Info Terkini BPJS Kesehatan

Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi Tambah 19.000 Kuota PBI APBD untuk Kejar UHC

Integrasi Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkeda) Kabupaten Muarojambi sejumlah 19.000 jiwa kepada BPJS Kesehatan.

Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi Tambah 19.000 Kuota PBI APBD untuk Kejar UHC
Istimewa
Bupati Muarojambi, Masnah Busro dan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jambi, Elshe Theresia, saat kegiatan Launching Jaminan Kesehatan Daerah Kabupaten Muarojambi pada Selasa (31/7). 

Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi Tambah 19.000 Kuota PBI APBD untuk Kejar UHC

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pemerintah terus berupaya dalam meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Berkaitan dengan peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat tersebut, satu di antaranya diwujudkan Pemerintah Kabupaten Muarojambi dengan menganggarkan APBD Kabupaten Muaro Jambi untuk mendaftarkan masyarakat tidak mampu kedalam program JKN-KIS.

Hal tersebut kemudian diwujudkan dalam integrasi Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkeda) Kabupaten Muarojambi sejumlah 19.000 jiwa kepada BPJS Kesehatan.

Untuk data yang telah dilakukan integrasi kedalam program JKN-KIS telah dicetak dan diberikan kepada peserta penerima bantuan iuran tersebut secara langsung Bupati Muarojambi melalui kegiatan Launching Jaminan Kesehatan Daerah Kabupaten Muarojambi pada Selasa (31/7).

Penyerahan dilakukan Bupati Muarojambi, Masnah Busro, bersama dengan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jambi, Elshe Theresia.

Penyerahan secara simbolis tersebut mengambil tempat di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muarojambi, dengan agenda menyerahkan Kartu Kepesertaan Jamkesda Muarojambi dan Peresmian Gedung Pelayanan Terpadu Desa Mekar Jaya.

Dalam sambutannya Bupati Masnah Busro mengharapkan
"Persoalan-persoalan kesehatan masyarakat dapat diantisipasi dengan baik, secara bertahap ditingkatkan, walau problem tetap ada pasti kita cari jalan keluarnya,” sebut Masnah.

Ke depan nantinya, Kabupaten Muarojambi akan selalu bersinergi dan melakukan komunikasi yang lebih terarah dengan semua komponen masyarakat, sehingga pemahaman tentang pentingnya JKN-KIS dapat dipahami secara utuh.

Bupati juga berharap bahwa masyarakat dapat memanfaatkan kartu kepesertaan JKN-KIS mereka sesuai dengan peruntukannya, salah satunya memanfaatkan untuk berobat ke fasilitas kesehatan tingkat pertama maupun fasilitas kesehatan tingkat lanjutan, sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku.

"Hari ini kartu kepesertaan kita berikan kepada masyarakat, untuk fisik kartu semua akan didistribusikan melalui dinas sosial dan perangkat desa, masyarakat bisa dengan tenang mendapatkan kartu identitas kepesertaan dan pelayanan kesehatan sesuai prosedur dan untuk jajaran pemerintah daerah untuk pengurusan dan pendataan Jaminan Kesehatan Daerah harus dipermudah dan diprioritaskan,” ujarnya

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jambi, Elshe Theresia, mengapresiasi secara khusus kepada Pemerintah Kabupaten Muarojambi dan masyarakat di wilayah Muarojambi yang telah mendukung pelaksaan Program JKN-KIS. Ke depan semoga langkah yang ditempuh oleh Kabupaten Muaro Jambi bisa menjadi contoh untuk Kabupaten lainnya di Wilayah Provinsi Jambi.

“Untuk dapat diketahui Kabupaten Muarojambi merupakan kabupaten dengan pencapaian jumlah peserta tetinggi ketiga di wilayah Provinsi Jambi. Dan dengan diintegrasikannya Jaminan Kesehatan Daerah Kabupaten Muarojambi, maka total kepesertaan program JKN KIS di Wilayah Kabupaten Muaro Jambi sampai dengan saat ini adalah 304.643 jiwa atau sebesar 83,73% dari total penduduk wilayah Kabupaten Muarojambi telah menjadi peserta JKN-KIS. Apresiasi terbesar kami untuk Ibu Bupati beserta jajaran,” ujar Elshe

“Indikator pencapaian keberhasilan penyelenggaraan program JKN KIS selain Universal Health Coverage atau cakupan semesta namun juga berkaitan dengan keberlangsungan program dimana hal yang paling utama adalah keberlangsungan finansial melalui pembayaran yang tepat waktu dan tepat jumlah dan pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien bagi seluruh masyarakat, sehingga dukungan dari pemerintah daerah beserta jajaran terkait sangat diharapkan," kata Elshe. (adv)

Editor: duanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved