Antisipasi Kekeringan di Puncak Kemarau, Dinas TPHP Bungo Tunda Penanaman Padi dan Jagung

Kepala Dinas TPHP Kabupaten Bungo, Muhammad Hasbi mengatakan, ada beberapa jenis tanaman yang harus ditunda penanamannya pada musim kemarau ini.

Antisipasi Kekeringan di Puncak Kemarau, Dinas TPHP Bungo Tunda Penanaman Padi dan Jagung
TRIBUNJAMBI/ABDULLAH USMAN
Sawah kering di kawasan Sijenjang, Jambi 

Antisipasi Kekeringan di Puncak Kemarau, Dinas TPHP Bungo Tunda Penanaman Padi dan Jagung

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BUNGO - Mengantisipasi masalah pada tanaman dan perkebunan pada musim kemarau, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Bungo terpaksa menunda penanaman.

Kepala Dinas TPHP Kabupaten Bungo, Muhammad Hasbi mengatakan, ada beberapa jenis tanaman yang harus ditunda penanamannya pada musim kemarau ini.

Sebagaimana yang Tribunjambi.com lansir dari www.bmkg.go.id, puncak musim kemarau 2019 di 342 Zona Musim (ZOM), diprakirakan umumnya terjadi pada bulan Agustus 2019 sebanyak 233 ZOM (68.1%).
Untuk itu menurut Hasbi perlu adanya sosialisasi pada petani di Bungo agar tidak keteteran saat menghadapi siklus tersebut.

"Untuk mengantisipasi masalah pada tanaman, misalnya mati atau kekeringan, ada beberapa hal yang kami lakukan. Salah satunya menunda penanaman," katanya, saat dijumpai di ruangannya, Senin (29/7/2019).

Baca: Ridwan Kamil Akan Minta Kejelasan Soal Situasi Hukum Sekda Jawa Barat Iwa Karniwa

Baca: Download Lagu MP3 Batak Kompilasi Hits Terbaru dan Terpopuler 2019, Asyik Didengar

Baca: Pengakuan Shinta Bachir, Pernah Jadi Simpanan Pejabat & Terlibat Prostitusi Artis, Intip Rumahnya!

Baca: Bakal Gantikan Ganjar Pranowo, Gibran Disebut Bakal Jadi Calon Kuat Gubernur Jawa Tengah

Hal itu kata dia, untuk mengantisipasi kekurangan air pada beberapa jenis tanaman, seperti padi, jagung, dan jenis tanaman pangan lain.

Sedangkan untuk pembibitan sawit, pihaknya sudah menyiapkan obat yang dapat digunakan jika dibutuhkan.

"Kalau sawit, musim kemarau ini tidak terlalu masalah. Cuma memang sudah kita sediakan obat, jika memang diperlukan," ujarnya.

Selain hal itu, pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah pompa di beberapa titik di Kabupaten Bungo. Hal itu bertujuan untuk mengantisipasi kekeringan pada tanaman yang sudah terlanjur ditanam. Sedangkan untuk tanaman yang ditunda penanamannya, kata Hasbi, akan mulai ditanam pada September mendatang.

Penulis: Mareza
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved