Pemprov Jambi Siapkan Rp 1 Miliar untuk Jalan Depan Telkom yang Lonsor, Target Dua Bulan Selesai

Longsor yang terjadi di depan Telkom TAC Kota Jambi, akan mulai ditangani tahun ini.

Pemprov Jambi Siapkan Rp 1 Miliar untuk Jalan Depan Telkom yang Lonsor, Target Dua Bulan Selesai
Tribunjambi/Zulkifli
Longsor yang terjadi tepatnya di Jalan Prof. Dr. S. Brojonegoro ini terjadi lantaran curah hujan yang cukup tinggi. 

Pemprov Jambi Siapkan Rp 1 Miliar untuk Jalan Depan Telkom yang Lonsor, Target Dua Bulan Selesai

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBILongsor yang terjadi di depan Telkom TAC Kota Jambi, akan mulai ditangani tahun ini. Longsor yang meruntuhkan sisi jalan provinsi tersebut juga berdampak kepada sejumlah rumah di bawahnya.

Tahun lalu, dilakukan penanganan sementara, dengan cara menimbunnya dengan kantong pasir. Tahun ini, penanganan dilakukan secara permanen.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi M Fauzi ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa beberapa hari lalu sudah dipasang plang pengerjaan di lokasi tersebut. Kemudian dilakukan survei lokasi untuk memulai pekerjaan. Fauzi menargetkan dalam dua bulan sudah selesai dilaksanakan.

Penanganan bersifat permanen tersebut, dikatakan Fauzi menggunakan dana APBD Provinsi Jambi tahun 2019 sebanyak Rp 1 Miliar. Anggaran sebesar itu akan digunakan untuk membangun turap, kemudian pengaspalan jalan yang sudah longsor.

Baca: Jambi Juara Umum, Kejurnas Dayung di Danau Sipin Berlanjut ke Kelas Junior U 15

Baca: IPR Sudah Pernah Dibuat, Ini Titik Awal Polemik PETI di Sarolangun

Baca: Tak Cukup Hanya Menyikat Gigi, Kenali Cara Merawat Gigi

Baca: Tidak Sanggup Bayar Tagihan RS Rp 7 triliun, BPJS Kesehatan Terancam Denda Puluhan Miliar

Baca: VIDEO: Dugaan Pembunuhan dan Pemerkosaan RSM di Muaro Bungo Jambi, Pelaku Tunawicara

“Itu dipasang turap, kemudian tentu diaspal. Ini untuk penanganan permanen. Kalau yang sebelumnya kan penanganan darurat,” katanya.

Dia mengatakan, dana tersebut akan digunakan untuk penurapan sepanjang 60 meter yang terdampak longsor. Dengan kedalaman hampir 12 meter. Dia menyebutkan pengerjaan segera dilaksanakan. Selain itu, di bagian bawah turap juga akan dibuat drainase untuk aliran air. Diharapkan turap yang dibangun ini bisa menahan tanah jika terjadi lagi hujan dengan intensitas tinggi.

Longsor itu sendiri terjadi sekitar akhir Maret 2018 lalu. Longsor yang terjadi tepatnya di Jalan Prof. Dr. S. Brojonegoro ini terjadi lantaran curah hujan yang cukup tinggi. Longsor tersebut juga berdampak kepada pemukiman warga yang berada di dibawahnya.

Penanganan sementara dilakukan dengan cara penimbunan areal longsor dengan kantong-kantong pasir. Kondisi lalu lintas cukup terganggu dengan kondisi jalan yang sebagiannya telah amblas.

Penulis: Zulkifli
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved