Parpol di Jambi Keluhkan Regulasi Selama Pemilu Serentak 2019

Perwakilan partai politik di Jambi keluhkan regulasi pemilu dan penegakan aturan dari Bawaslu.

Parpol di Jambi Keluhkan Regulasi Selama Pemilu Serentak 2019
Tribunjambi/Dunan
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jambi melakukan evaluasi fasilitasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. 

Parpol di Jambi Keluhkan Regulasi Selama Pemilu Serentak 2019

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Perwakilan partai politik di Jambi keluhkan regulasi pemilu dan penegakan aturan dari Bawaslu. Pada kegiatan evaluasi dan fasilitasi Pemilu 2019.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jambi melakukan evaluasi fasilitasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Evaluasi dilakukan agar ada perbaikan dalam pesta demokrasi yang akan kembali dihelat lima tahun mendatang. Maka dari itu, pihak partai politik, pemerintah, Bawaslu dan kepolisian diundang untuk didengarkan pendapat dan masukannya. Untuk selanjutnya apa yang disampaikan akan menjadi rekomendasi perbaikan pada Pilkada Serentak 2020 mendatang.

Tami, dari partai Berkarya menyampaikan bahwa saat tahapan kampanye mereka direpotkan dengan adanya APK dan APS. Sebab pemasangan APK dan APS membuat perebutan tempat di zona yang telah ditentukan.

"Pemasangan APK dan APS pada zona yang ditentukan sangat terkendala space yang disediakan," ungkap Tami, Sabtu (27/7/2019).

Baca: Maju di Pilkada Batanghari, M Hafiz Yakin Dapat Restu Partai PAN

Baca: Bersiap untuk Pilgub Jambi 2020, AJB Unggulkan Keberagaman, SDM dan Religiusitas

Baca: M Hafiz Anak Wakil Bupati Siap Bertarung di Pilkada Batanghari 2020

Baca: 22 Atlet Dayung Kota Jambi Terbang ke Tiongkok, Bawa Misi Juara untuk Merah Putih

Baca: Dibangun Masa Belanda Diruntuhkan Masa Jepang, Cerita Sejarah di Bungo

Hal lain disampaikan Iqbal dari PKS. Bahwa selama tahapan mereka masih menemukan petugas KPPS yang selalu menggampangkan persoalan dan tahapan. Namun kenyataannya apa yang dilakukan terkadang tidak sesuai aturan. PKS juga masih menemukan pemasangan APK dan APS di zona terlarang.

"Kami menemukan penyelenggara yang menggampangkan persoalan tetapi kenyatannya mereka tidak sesuai aturan. Kedepan harus dipilih yang profesional," ungkap Iqbal.

Selain itu banyak keluhan dan pendapat serta masukan yang disampaikan. Dan semuanya dicatat untuk dijadikan rekomendasi ke KPU Provinsi Jambi sebagai perbaikan pelaksanaan Pilkada serentak 2020.

Sementara itu, KPU Kota Jambi sebagai penyelenggara juga mengundang perwakilan dari Bawaslu Kota Jambi dan stakeholder lainnya. Hadir juga Komisioner KPU Provinsi Jambi Apnizal yang sekaligus membuka acara.

Dalam sambutannya, Apnizal mengatakan, ada beberapa persoalan yang perlu mendapatkan perhatian dalam fasilitasi kampanye. Diantaranya adalah alat peraga kampanye (APK) dan alat peraga sosialisasi (APS).

"Ini sempat menjadi polemik kemarin. Ada kawan-kawan partai yang belum mendapatkan pemahaman terkait persoalan ini," ujarnya.

Kemudian, ada juga persoalan pengadaan APK yang di fasilitasi pemerintah yang menjadi persoalan di internal partai. Soalnya pengurus mendapatakan porsi lebih besar di bandingkan dengan Caleg lainnya.

"Begitu juga dengan persoalan lain. Misalnya ada masukan terhadap kita bahwa Caleg juga perlu wadah untuk pencitraan diri. Karena tidak semua Caleg memiliki popularitas lebih di masyarakat," sebutnya.

Baca: Dibangun Masa Belanda Diruntuhkan Masa Jepang, Cerita Sejarah di Bungo

Baca: IPR Sudah Pernah Dibuat, Ini Titik Awal Polemik PETI di Sarolangun

Baca: Jambi Juara Umum, Kejurnas Dayung di Danau Sipin Berlanjut ke Kelas Junior U 15

Baca: Pemprov Jambi Siapkan Rp 1 Miliar untuk Jalan Depan Telkom yang Lonsor, Target Dua Bulan Selesai

Baca: Lepas Penat, Sejenak Nikmati Keindahan Sore di Danau Sipin Kota Jambi

Untuk itu pihaknya memerlukan masukan agar semua masalah ini bisa dihimpun untuk perbaikan aturan di masa mendatang. Sehingga terjadi perbaikan dan semua bisa difasilitasi dengan baik kedepan.

"Kami mohon betul ada masukan, kita boleh saling mengkoreksi di sini agar ada rekomendasi yang bisa lahirkan bersama," pintanya.

Penulis: dunan
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved