Dukung Anies Baswedan di Pilpres 2024, Benarkah Hanya Setingan Ketua Umum Partai Nasedm Surya Paloh?

Sikap Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, yang menyatakan dukungannya pada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan agar melaju di Pilpres 2024, diangga

Dukung Anies Baswedan di Pilpres 2024, Benarkah Hanya Setingan Ketua Umum Partai Nasedm Surya Paloh?
(RYANA ARYADITA UMASUGI)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, di Kantor DPP Partai Nasdem, Rabu (24/7/2019)ddd 

TRIBUNJAMBI.COM- Sikap Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, yang menyatakan dukungannya pada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan agar melaju di Pilpres 2024, dianggap hanya sebagai drama politik.

Seorang pengamat politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio menilai, dibalik pertemuan Anies Baswedan dan Surya Paloh yang bersamaan dengan pertemuan Prabowo Subianto dan Megawati Soekarnoputri, Rabu (24/7/2019), sebenarnya ada kepentingan politik masing-masing.

Dikutip TribunWow.com dari Kompas.com, Kamis (25/7/2019), Hendri Satrio menyatakan ada kemungkinan pertemuan masing-masing tokoh politik tersebut merupakan sinyal bahwa pada pilpres 2024 mendatang, PDI-P dan Nasdem akan pecah kongsi.

Baca: Unggah Foto Bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ustadz Abdul Somad Sebut Ganteng dan Cerdas

"Nah ini pertanyaan kenapa mesti hari ini? Apakah ini diartikan Nasdem akan pecah kongsi dengan PDI-P? Karena sebelumnya Surya Paloh juga kumpulin partai politik koalisi 01 semua. Ini berkaitan semua," ujar Hendri.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pertemuan yang dilakukan Prabowo dan Megawati dapat mengisyaratkan pada pilpres 2024 PDI-P dan Gerindra akan berkoalisi.

"Ini drama show politik Indonesia, ini drama elite politik. Kita nikmatin aja apa yang disuguhin. Tapi yang jelas Anies tidak perlu ragu, tidak perlu takut tidak dapat kendaraan, tidak perlu takut tidak ada dukungan di 2024 nanti," kata Hendri.

Menurut Hendri, dengan posisinya sebagai Gubernur DKI Jakarta hingga 2021, Anies dapat menarik perhatian partai-partai politik untuk dapat mengusungnya di pilpres 2024 mendatang.

Baca: Manuver Nasdem Disebut-Sebut Sebagai Operasi Tinggalkan Gerindra dan Simbol Perlawanan Politik

Baca: Begini Kata Anies Baswedan, Saat Mendapat Pinangan Dari Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh

Sebelumnya, Surya Paloh menyatakan dukungannya pada Anies Baswedan agar mencalonkan diri sebagai calon presiden 2024, seperti yang dikutip TribunWow.com dari Kompas.com, Rabu (24/7/2019).

Dukungan itu disampaikan sang Ketua Umum Partai Nasdem setelah pertemuannya dengan Anies di Gedung DPP Partai Nasdem, Rabu (24/7/2019) lalu.

Surya Paloh menyarankan Anies untuk menjalankankan tugasnya sebagai Gubernur DKI Jakarta dengan baik, karena sosoknya tak hanya dibutuhkan oleh warga Jakarta namun juga seluruh warga Indonesia.

Saat wartawan memastikan apakah Nasdem akan mendukung Anies pada pilpres 2024, Surya Paloh menyerahkan keputusan kepada Anies Baswedan.

"2024 kan tergantung Anies. Niatnya sudah pasti ada di situ, semua niat-niat baik harus terjaga asal baik," kata Surya Paloh.

(TribunWow.com/Jayanti Tri Utami)

Editor: andika arnoldy
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved