Dari Hobi Kumpulkan Uang Kuno, Kini Fadli Raup Untung Jutaan Rupiah dari Bisnis Mahar

Dari tahun 2009, Fadil atau yang lebih sering disapa Bang Ryan telah menjadi spesialis mahar untuk pernikahan.

Dari Hobi Kumpulkan Uang Kuno, Kini Fadli Raup Untung Jutaan Rupiah dari Bisnis Mahar
Tribunjambi/Fitri Amalia
Dari tahun 2009, Fadil atau yang lebih sering disapa Bang Ryan telah menjadi spesialis mahar untuk pernikahan. 

Dari Hobi Kumpulkan Uang Kuno, Kini Fadli Raup Untung Jutaan Rupiah dari Bisnis Mahar

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Dari tahun 2009, Fadil atau yang lebih sering disapa Bang Ryan telah menjadi spesialis mahar untuk pernikahan. Beragam kreasinya telah diantar ke banyak pengantin. Dalam satu bulan, lima sampai enam pesanan mahar pernikahan dapat ia kerjakan.

Awalnya dulu usaha yang ia rintis bernama Toko Unik 99 dan diubah menjadi Gallery Unik 99 Jambi. Berawal dari hobinya yang mengumpulkan uang uang kuno, ia merasa tidak ada perubahan jika uang kuno yang ia kumpulkan hanya untuk koleksi saja. Lantas terpikir olehnya alangkah bagusnya uang yang telah ia kumpulkan menjadi sumber usahanya.

Setelah belajar secara otodidak dari media sosial dan rekanan yang telah terjun ke dunia seni menghias maka di tahun 2009 ia memulai menjadi spesialis mahar pernikahan.

"Mulai dari jual beli uang kuno, tukar tambah uang kuno, spesialis mahar pernikahan dan juga hantaran pernikahan," ujarnya pada Tribunjambi.com, Selasa (23/7).

Baca: BREAKING NEWS: Tiga Anggota DPRD Provinsi Jambi Tersangka Suap Ketok Palu Hari Ini Diperiksa KPK

Baca: Api Cepat Membesar, Enam Rumah Kayu di Pasar Pengabuan Tanjab Barat Habis Terbakar

Baca: KPU Kerinci Gelar Rapat Evaluasi, Kumaini Minta Masukan Soal Fasilitas Kampanye

Baca: PAN Tidak akan Ubah Calon Cawagub Jambi yang Diusulkan

Baca: PBB Tetap Calonkan Ketua DPW Jadi Cawagub Jambi

Sudah banyak pengantin yang puas dengan hasil karyanya, bahkan ada pelanggannya yang mengikuti jejaknya membuka gerai khusus mahar pernikahan. "Dia belajar dari sini juga, diajari pelan-pelan dan Alhamdulillah kreasinya lebih banyak lagi," kenang Ryan.

Ryan mengatakan saat ini bentuk hantaran mahar pernikahan yang banyak dipesan siluet calon pasangan pengantin yang dihiasi dengan uang yang telah dibentuk cantik dan pohon uang. Bentuk hantaran mahar juga bisa dipesan sesuai dengan keinginan pelanggannya. Untuk harga hasil kreasi tangannya, mulai dari Rp 300 ribuan bahkan jutaan rupiah.

"Tetapi lebih enak kalo calon pengantin memberi kebebasan berkreasi ke pengerajin mahar, karena membuat mahar itu mood harus bagus dan hasilnya bisa memuaskan," tegasnya.

Uang kuno sendiri ia dapat dari mencari, meminta, membeli, tukar tambah, dan lelang ke berbagai daerah. Uang kuno yang ia pakai untuk mahar pernikahan tentunya yang ia miliki lebih dari satu.

Pengerjaan hantaran mahar pernikahan tergantung tingkat kesulitan bentuk yang dikerjakan. Bentuk yang paling gampang bisa 2-3 hari selesai. Bentuk yang paling sulit dikerjakan yakni mozaik wajah dari uang koin. Pengerjaan mahar dengan pesanan bentuk tersebut dapat memakan waktu 2-3 minggu lamanya dengan harga jutaan Rupiah.

"Jadi uang koin disusun jadi bentuk wajah calon kedua pengantin, satu satu menyusun uangnya dan pengeleman yang lama, karena kalo gak sesuai pengelemannya koin bisa lepas, itu yang paling sulit," katanya.

Baca: BREAKING NEWS, Jago Merah Ngamuk Bakar Rumah Kayu di Tanjab Barat, Petugas Berjibaku Padamkan Api

Baca: Pemkab Sarolangun Bentuk 60 e-Warung untuk Salurkan Program BPNT

Baca: Konsen Bidang SDM, Bupati Safrial Lepas 17 Calon Siswa Bidang Energi dan Mineral dan Pesankan ini

Baca: Seorang Siswi SMP di Lampung Diperkosa Kakak Kelas, Ibu Korban Shock Lihat Putrinya Digagahi!

Ryan juga pernah mendapat pesanan mahar pernikahan yang mengharuskan menggunakan uang dari lima negara, yakni uang dari negara Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei Darussalam dan Amerika. "Karena yang pesan kerja di kapal, rute kapalnya ke negara itu," ucapnya.

Berlokasi di Arizona, jalan Sunan Giri loring Ambarawa RT 10 Nomor 27 Kota Baru Jambi, Gallery Unik 99 Jambi juga menyediakan hantaran pernikahan beserta isinya, souvenir, lukisan karikatur/sketsa dan kanvas yang cocok untuk prewedding.

Penulis: fitri
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved