Sebentar Lagi Berangkat ke Mekkah, 52 CJH Tanjab Timur Ikuti Manasik Haji

Hari ini Kementerian Agama Kabupaten Tanjab Timur menggelar Manasik Haji terakhir bagi 52 calon Jamaah Haji CJH Tanjab Timur.

Sebentar Lagi Berangkat ke Mekkah, 52 CJH Tanjab Timur Ikuti Manasik Haji
Tribunjambi/Abdullah Usman
Hari ini Kementerian Agama Kabupaten Tanjab Timur menggelar Manasik Haji terakhir bagi 52 calon Jamaah Haji CJH Tanjab Timur. 

Sebentar Lagi Berangkat ke Mekkah, 52 CJH Tanjab Timur Ikuti Manasik Haji

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Hari ini Kementerian Agama Kabupaten Tanjab Timur menggelar Manasik Haji terakhir bagi 52 calon Jamaah Haji CJH Tanjab Timur, dijadwalkan pada 30 Juli jamaah berangkat ke tanah Suci.

Kementerian Agama (Kemenag) Tanjung Jabung Timur menggelar Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kabupaten untuk Calon Jamaah Haji, Selasa (22/7) di Aula Kemenag Tanjung Jabung Timur. Rencananya ke 52 orang Calon Jemaah Haji yang akan diberangkatkan ke tanah suci Mekkah, pada 30 Juli nanti.

Pelaksanaan manasik haji mengacu pada Undang-Undang RI Nomor 13 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji, Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji Reguler dan Surat Edaran Bimbingan Manasik Haji Tahun 2017 Nomor B-25163/Dj/Dt.II.1/1/Hj.01/04/ 2017 tentang Pelaksanaan Bimbingan Manasik Haji Kabupaten/Kota dan Kecamatan serta Pembekalan Ketua Regu dan Ketua Rombongan.

Baca: Panas, 4,5 Ha Lahan di Tanjab Timur Terbakar, BPBD Terus Pantau Cuaca Jambi 20 Hari kedepan

Baca: Ditinggal Kerja, Rumah Hendrik Digasak Maling, TV, Kulkas sampai Matras Lenyap

Baca: KPU Merangin Gelar Pleno Penetapan Caleg Terpilih, 30 Agustus Pelantikan

Baca: Belasan Hotspot Muncul di Merangin, BPBD Imbau Warga tak Bakar Lahan

Baca: VIDEO: Perihatin, Fasha Bantu Korban Kebakaran Danau Sipin, Ingatkan Warga Selalu Hati-hati

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jum Zulrizal, juga terlibat langsung dalam pemberian materi penyelenggaraan bimbingan manasik haji pada 52 CJH Tanjab Timur.

Dikatakan Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten Tanjab Timur, Syaifullah dikonfirmasi menjelaskan manasik haji dilaksanakan berjenjang mulai dari kecamatan kemudian dimantapkan pada tingkat kabupaten.

"Kami memberikan pemantapan karena sebelumnya sudah ada manasik mandiri dari Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI), kemudian pada kecamatan dilaksanakan 8 kali, dan untuk Kementerian Agama Tanjab Timur 2 kali," ungkapnya.

Pada 30 Juli nanti jemaah akan diberangkatkan ke Kota Jambi terlebih dahulu sebelum ke Batam. Rencananya akan dilepas langsung oleh Bupati Tanjung Jabung Timur.

"Tahap selanjutnya pemberangkatan tanggal 30 Juli, koper jamaah kami akan terima paling lambat hari jumat 26 Juli, kemudian 52 Calon Jemaah Haji akan dilepas langsung oleh bapak Bupati Tanjung Jabung Timur, jamaah akan berangkat dari Tanjung Jabung Timur pukul 8.00 WIB pagi dan akan diterima di Asrama Haji Provinsi Jambi," katanya.

Selain itu dalam persiapan pemberangkatan haji tidak ada masalah yang berarti. "Alhamdulillah persiapan pemberangkatan berjalan lancar tidak ada masalah, terkait Calon Jemaah Haji lansia kita sudah antisipasi dengan adanya pendamping."

Penulis: Abdullah Usman
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved