Peringatan Hari Lansia, Gubernur Jambi Serahkan Bantuan Kursi Roda dan Tongkat untuk Lansia

Gubernur Jambi Fachrori Umar memberikan piagam pengahargaan Anugerah Amal Bhakti Lansia kepada 9 orang lansia.

Peringatan Hari Lansia, Gubernur Jambi Serahkan Bantuan Kursi Roda dan Tongkat untuk Lansia
Tribunjambi/Zulkifli
Pada peringatan Hari Lansia ini, Gubernur Jambi menyerahkan penghargaan anugerah amal bhakti lansia kepada 9 orang lansia. 

Peringatan Hari Lansia, Gubernur Jambi Serahkan Bantuan Kursi Roda dan Tongkat untuk Lansia

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Di puncak peringatan Hari Lanjut Usia Nasional tingkat Provinsi Jambi tahun 2019, yang digelar di Aula Rumah Dinas Gubernur, Sabtu (20/7), Gubernur Jambi Fachrori Umar memberikan piagam pengahargaan Anugerah Amal Bhakti Lansia kepada 9 orang lansia, serta bantuan kursi roda dan tongkat kepada lansia tidak mampu.

Fachrori Umar menyampaikan, Pemerintah Provinsi Jambi berkomitmen untuk bekerja secara optimal dalam upaya meningkatkan kepedulian dan pelayanan terhadap para lanjut usia (lansia), khususnya para lansia yang terlantar.

"Kita terus melakukan berbagai kegiatan sebagai upaya meningkatkan kepedulian dan pelayanan kepada lansia. Kita terus melakukan pembinaan dan pemantauan bersama dengan TP PKK Provinsi Jambi, BKOW Provinsi Jambi dan Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Jambi terhadap lansia yang ada di Provinsi Jambi," ujar Fachrori.

Baca: Peringati HLUN ke 23, Pemkot Jambi Janji Bangun Graha Lansia 2020

Baca: Polda Jambi Tetapkan 41 Anggota SMB Jadi Tersangka, Ini Daftarnya Ada Nama Istri Muslim

Baca: Muslim Iming-imingi Warga Lahan 3,5 Hektare Agar Gabung SMB

Baca: LAGI, 18 Anggota SMB Ditangkap, Polda Jambi Sita Senjata Api dan Belasan Sajam

Baca: Beredar Foto Kapolda Jambi Bersama Muslim SMB, Ini Penjelasan Kabid Humas

Fachrori mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Jambi tidak mungkin melakukan penanganan permasalahan lansia secara sendiri, butuh sinergi yang kuat antara pemerintah, dunia usaha dan segenap elemen masyarakat. Penanganan permasalahan lansia dapat dilakukan melalui budaya dan nilai sosial yang ada pada masyarakat.

"Kepedulian keluarga terhadap anggota keluarganya yang sudah lansia menjadi sangat penting. Keluarga wajib melayani anggota keluarganya yang lansia, karena tempat paling mulia bagi lansia adalah tetap berada dalam lingkungan keluarganya," ungkap Fachrori.

Fachrori mengemukakan, Pemerintah Provinsi Jambi terus melakukan sosialisasi dan advokasi kepada masyarakat tentang pentingnya perhatian dan kepedulian terhadap lansia. Pemerintah Provinsi Jambi juga terus berupaya dalam meningkatkan kesejahteraan lansia yang turut melibatkan seluruh pihak terkait, sehingga potensi yang ada dapat didayagunakan secara maksimal.

"Saya juga mengharapkan kepada Komda Lansia dan pihak terkait agar bekerja secara optimal dengan terus berupaya memberikan peluang kepada lansia untuk tetap sehat, sehat dengan memperhatikan aksesibilitasnya terhadap pelayanan publik agar mereka dapat terus berpartisipasi dalam pembangunan dan memperoleh jaminan sosial di hari tuanya," kata Fachrori.

"Kita menginginkan, lansia ini bisa sejahtera di usia senjanya, sehingga usia senja tidak menghalangi lansia untuk tetap kreatif, produktif dan berprestasi, karena ada beberapa lansia yang masih terus berkarya dan proaktif. Saya mengingat kepada seluruh lansia bahwa, umur kita boleh tua, tetapi semangat harus tetap muda," lanjut Fachrori.

Lebih lanjut, Fachrori mengharapkan acara ini sebagai momentum untuk menyatukan pikiran dan langkah bersama dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada lansia, khususnya lansia terlantar yang ada di Provinsi Jambi.

Baca: Remaja jadi Usia Rawan, Orang tua Harus Rajin Komunikasi dengan Anak

Baca: Kenalkan Pendidikan Seks pada Anak Lewat Buku

Baca: 2021, Kementerian Perhubungan akan Bangun Terminal Alam Barajo Jambi, Butuh Anggaran Rp 50 Miliar

Baca: Wali Kota Sungai Penuh Ajak Pemuda Muhammadiyah Siapkan Diri Hadapi Era Industri 4.0

Ketua Panitia Hari Lansia Tingkat Provinsi Jambi, Muhammad Fauzi, mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan partisipasi sosial masyarakat terhadap lansia serta meningkatkan kesadaran diri kaum muda terhadap para lansia.

"Kita mengharapkan, melalui acara ini dapat mempersiapkan para generasi muda dalam mewujudkan lansia yang sehat, mandiri dan sejahtera, serta menjadikan lansia ini berdayaguna bagi masyarakat, lebih kreatif dan bermartabat," terang Fauzi.

Penulis: Zulkifli
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved