VIDEO: Seniman Ini Hasilkan Karya Kaligrafi Kontemporer, Lewat Padupadankan Seni dan Ayat Al- Quran

VIDEO: Seniman Ini Hasilkan Karya Kaligrafi Kontemporer, Lewat Padupadankan Seni dan Ayat Al- Quran

VIDEO: Seniman Ini Hasilkan Karya Kaligrafi Kontemporer, Lewat Padupadankan Seni dan Ayat Al- Quran

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI - Kaligrafi Kontemporer mungkin masih terdengar begitu samar. Kaligrafi kontemporer merupakan suatu seni yang memadupadankan antara seni kalografi dengan keindahan alam dan di luar dari kaidah atau ketentuan pembuatan kaligrafi.

Karya inilah yang dimunculkan oleh Mukromin. Seorang pemuda asal Desa Muaro Jambi, Kabupaten Muarojambi. Lebih kurang satu tahun belakangan ini, Mukromin mulai mengasah sedikit demi sedikit keahliannya dalam memoles kain kanvas dengan menggunakan kuas untuk membuat kaligrafi kontemporer.

Baca: Seni Kaligrafi Kontemporer Asal Muarojambi, Mukronim Manfaatkan Sosmed, Jual Mulai Rp 150 Ribuan

Baca: Download Lagu MP3 Nissa Sabyan Terbaru 2019, Full Album Video Lagu Religi dan Sholawat Sabyan Gambus

Baca: Daftar Harga HP Android Rp 1 Jutaan, Samsung A20, Oppo A5S, Xiaomi Redmi 7, Berikut Spesifikasi

Ide pembuatan, menurutnya selama ini datang kapan saja. Terkadang jika memang ide itu tidak muncul alias mentok tidak ada ide, Ia mulai memanfaatkan internet sebagai sarana untuk memunculkan idenya dalam membuat kaligrafi kontemporer.

"Kalau untuk ide itu datang kapan saja, kadang kalau suntuk tidak ada ide, buka hp, lihat di internet cari-cari ide gambar tentang dunia khayal yang ada pemandangan-pemandangan. Nah, itu kita kombinasikan dengan ayat-ayat dalam al-quran," bebernya.

Baca: Daftar 14 Artis Asal Jambi yang Sukses di Jakarta, dari Christine Hakim s/d Si Cantik Eriska Rein

Baca: Hiu Ditemukan Sekarat, Lehernya Teriris dan Hampir Terpenggal Karena Plastik yang Melilit

Baca: 20 Pulau di Pesisir Timur Jambi Tenggelam, Data Terbaru 7 Pulau Rawan Hilang, Jambi Terancam?

Mukromin yang saat ini mengajar di Pondok Pesantren menyebutkan, setiap kaligrafi kontemporer memiliki makna-makna tersirat sesuai dengan ayat-ayat al-quran yang di padu padankan dengan berbagai bentuk atau rupa yang juga tidak lari dari makna ayat tersebut.

Sehingga apa yang tersirat dari ayat-ayat al- quran tersebut bisa tergambarkan dengan jelasa dalam wujud sebuah lukisan.

"Jadi kalau kita mau mulai bikin itu yang utamanya adalah kita pikirkan ayat apa yang ingin kita gunakan. Kemudian baru kita cari makna atau tentang apa ayat itu kemudian baru kita pikirkan temanya, misalnya ayat tentang perkembangan embrio," jelasnya.

Hasil karya Kaligrafi kontemporer tema perkembangan embrio. Karya yang dimunculkan oleh Mukromin, seorang pemuda asal Desa Muaro Jambi, Kabupaten Muarojambi. (Juli 2019)
Hasil karya Kaligrafi kontemporer tema perkembangan embrio. Karya yang dimunculkan oleh Mukromin, seorang pemuda asal Desa Muaro Jambi, Kabupaten Muarojambi. (Juli 2019) (tribunjambi/samsul bahri)

Sedikit diulas oleh Mukromin bahwa mengenai ayat tentang perkembangan emrio di aplikasikannya ke dalam Kaligrafi kontemporer dengan menelik makna dari ayat tersebut dan dipadukan dengan gambaran perkembangan embrio secara keilmuan biologis.

"Sama halnya dengan hasil lainnya, jadi ya tadi, kita cari dulu ayat yang kira-kira menarik dan kita cari maknanya,"jelasnya lagi.

Lebih lanjut disampaikan mahasiswa lulusan UIN STS Jambi ini, untuk membuat satu kaligrafi kontemporer, baik ukuran kecil atau besar sekalipun, hanya membutuhkan waktu satu hari.

Baca: Jadwal Bola Hari Ini Liga 1 2019 dan Liga 2 2019,Borneo FC vs Barito Putera Live Streaming Vidio.com

Baca: Resmi Luncurkan Xiaomi Mi A3, Spesifikasi dan Harga, Fingerprint Langsung di Layar, USB Type C

Baca: AHY, Puan, Angela Siapa Lagi Lima Anak Ketua Umum Partai yang Berpeluang Jadi Menteri Jokowi?

Sementara, selama lebih kurang satu tahun ini, lebih dari 10 hasil kaligrafi kontemporer terjual dengan kisaran harga paling mahal Rp 650 ribu rupiah.

"Alhamdulillah yang terjual ada sekitar 10 lah, untuk pemasaran paling di sosmed pribadi. Kalau harga tergantung ukuran dan kesulitan, satunya itu mulai dari Rp 150 ribu sampai Rp 650 ribu," tuturnya.

Jika anda tertarik ingin melihat hasil kaligrafi kontemporer kalian bisa menghubunginya via Facebook, Mukromin waee atau instagram Mukromin123jm.

VIDEO: Seniman Ini Hasilkan Karya Kaligrafi Kontemporer, Lewat Padupadankan Seni dan Ayat Al- Quran (Samsul Bahri/Tribun Jambi)

Penulis: syamsul
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved