Pertama di Jambi, Dinas Perpustakaan Tanjab Barat Tingkatkan Literasi Anak dengan Mendongeng

Kembangkan minat baca anak melalui mendongeng, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tanjab Barat gelar teknik mendongeng kreatif.

Pertama di Jambi, Dinas Perpustakaan Tanjab Barat Tingkatkan Literasi Anak dengan Mendongeng
Tribunjambi/Darwin
Tanjab Barat Kabupaten Layak Anak. 

Pertama di Jambi, Dinas Perpustakaan Tanjab Barat Tingkatkan Literasi Anak dengan Mendongeng

TRIBUNJAMBI.COM, KUALA TUNGKAL - Kembangkan minat baca anak melalui mendongeng, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tanjab Barat gelar teknik mendongeng kreatif.

Pertama di Provinsi Jambi, dalam rangka meningkatkan literasi anak, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan mengadakan workshop teknik mendongeng kreatif angkatan I dengan bekerjasama PetroChina Internasional Jabung Limited, Kamis (18/7).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Zulfikri menyampaikan gerakan gemar membaca melalui mendongeng ini salah satu upaya menumbuhkan minat baca anak di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Dia mengakui kegiatan mendongeng sudah sangat jarang, sehingga dengan munculnya kegiatan yang satu satunya di Jambi ini mampu memberikan kontribusi langsung.

Baca: 30 Enterpreneur Muda Kota Jambi Bersaing Rebut Bantuan Bisnis Kemenpora

Baca: Ditangkap Usai Buat Rusuh di PT WKS, 45 Anggota Muslim Cs Dibawa ke Polda Jambi

Baca: Kapolda Sambut BKO Brimob Polda Jambi dari Papua

Baca: Muhammadiyah, Effendi Hatta, Zainal Abidin & Asiang Ditahan KPK Secara Terpisah, Giliran yang Lain?

Baca: Maret 2019, Gini Ratio Jambi Cenderung Turun, BPS Beri Penjelasan

Dengan demikian akan muncul pendongeng pendongeng Tanjab Barat yang dapat menumbuhkembangkan dunia pendidikan dalam pertumbuhan minat baca anak.

"Kemunculan pendongeng pendongeng Tanjab Barat ini akan ikut serta dalam kegiatan perpustakaan keliling yang akan kita laksanakan, sehingga pesan kepada anak lebih sampai dan dapat menumbuhkan minat baca serta lebih kreatif," ujar Zulfikri.

Dengan melibatkan guru sekolah dasar (SD) dan taman kanak kanak (TK), Pendidikan Anak Usai Dini (PAUD) juga diharapkan dapat memberikan kontribusi langsung, sebab para guru tersebut bersentuhan langsung dengan murid selain daripada orang tua.

Ramadhan, Perwakilan PetroChina menyampaikan kegiatan ini dalam mendukung pemerintah kabupaten Tanjab Barat dengan bekerjasama dengan dinas perpustakaan dan kearsipan dalam gerakan gemar membaca.

Dia mengaku sangat mensupport kegiatan ini, dan berharap kegiatan ini dapat bermanfaat langsung bagi anak di Tanjung Jabung Barat.

"Yang pertama, sesuai tag line nya, gemar membaca untuk anak anak khususnya. Karena Tanjab Barat mempunyai tujuan besar labupaten layak anak, salah satunya anak gemar literasi atau gemar membaca," katanya.

Kemudian dengan membuat komunitas pendongeng akan melanjutkan visi misi untuk meningkatkan gemar membaca anak atau sebagai sarana untuk anak sebagai media komunikasi.

Penulis: Darwin
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved