Jamaah Calon Haji Asal Kerinci Diminta Tambahan Biaya Transportasi

Beredar kabar terjadi pungli terhadap Jemaah Calon Haji (JCH) Kerinci, untuk biaya tambahan transportasi.

 Jamaah Calon Haji Asal Kerinci Diminta Tambahan Biaya Transportasi

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kerinci, diterpa isu tidak sedap. Beredar kabar terjadi pungli terhadap Jemaah Calon Haji (JCH) Kerinci, untuk biaya tambahan transportasi.

Informasi yang berhembus di lingkungan jemaah bahwa pungutan tersebut, berkisar Rp 500 ribu setiap jemaah calon haji yang akan berangkat untuk biaya transportasi jemaah Kerinci-Jambi.

Padahal, untuk biaya transportasi keberangkatan jemaah calon haji, setiap tahunnya selalu ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kerinci.

Kasi Haji Kemenag Kerinci, Nafresman dikonfirmasi wartawan terkait hal itu mengatakan, bahwa untuk domestik atau transportasi terhadap JCH Kerinci yang ditanggung Pemkab Kerinci hanya untuk sebanyak 300 orang. Sedangkan CJH yang berangkat tahun 2019 sebanyak 337 orang.

Baca: Kunjungan Kerja ke Kota Medan, Apri: Agama Modal Perkuat Kebhinekaan

Baca: Pertama di Jambi, Dinas Perpustakaan Tanjab Barat Tingkatkan Literasi Anak dengan Mendongeng

Baca: 30 Enterpreneur Muda Kota Jambi Bersaing Rebut Bantuan Bisnis Kemenpora

Baca: Kapolda Sambut BKO Brimob Polda Jambi dari Papua

Baca: Ditangkap Usai Buat Rusuh di PT WKS, 45 Anggota Muslim Cs Dibawa ke Polda Jambi

"Kalau tidak seperti itu dari mana kita ambil dananya untuk 37 orang jemaah, terpaksa bergotong royong dengan jemaah calon hajinya, karena kita mau berangkat," akunya.

Dikonfirmasi kembali ia justru menyebut, bahwa informasi adanya pungutan tidaklah benar. "Untuk lebih jelasnya silakan konfirmasi ke ketua rombongan," ujarnya melalui WA ke Tribunjambi.com, Kamis (18/7).

Salah seorang ketua rombongan atau ketua regu, Atmir dihubungi via telepon mengakui ada biaya tambahan yang dibebankan ke JCH. Hal itu berdasarkan hasil rapat yang dilakukan sejumlah ketua rombongan dan regu.

"Yo, memang ada biaya tambahan untuk transportasi. Tapi itu bukan untuk transportasi saja," ungkapnya.

Sebab akunya, biaya yang ditanggung oleh Pemkab hanya untuk transportasi 300 orang. Sementara JCH Kerinci yang berangkat tahun ini berjumlah 337 orang.

Halaman
12
Penulis: heru
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved