Tips Investasi

Tips Raih Untung Berinvestasi Emas, Awas! Jangan Ceroboh Berhitung

Harga emas batangan bersertifikat di Logam Mulia milik PT Aneka Tambang (ANTM), Rabu (17/7) kembali bergerak turun. Dilansir situs

Tips Raih Untung Berinvestasi Emas, Awas! Jangan Ceroboh Berhitung
KONTAN/CHEPPY A. MUKHLIS
Emas Antam 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Harga emas batangan bersertifikat di Logam Mulia milik PT Aneka Tambang (ANTM), Rabu (17/7) kembali bergerak turun. Dilansir situs Logam Mulia, harga pecahan satu gram emas Antam hari ini berada di angka Rp 697.000.

Sementara itu, harga buyback (pembelian kembali emas) oleh Logam Mulia Antam justru turun menjadi Rp 626.000.

Mencermati harga emas Antam dan harga buyback perlu dilakukan oleh siapa saja yang menjadikan emas lantakan sebagai instrumen investasi. Jika tidak menghiraukan dua harga tersebut sekaligus, bisa-bisa seorang investor emas salah menghitung potensi untung dan rugi.

Harga emas Antam adalah harga Anda membeli dari gerai logam mulia. Adapun harga buyback adalah harga pembelian oleh gerai Logam Mulia ketika Anda menjual kembali emas tersebut kepada mereka.

Silakan cermati harga emas dan harga buyback hari ini yang tercantum pada bagian awal tulisan ini. Berapa selisih antara harga emas dan harga buyback? Betul, selisihnya Rp 71.000 per gram.

Taruh kata Anda membeli emas Antam hari ini dari gerai Logam Mulia pada pagi hari. Anda kudu membayar Rp 697 per gram. 

Namun, ketika siang hari Anda datang ke sana lagi lalu menjual emas yang baru dibeli tadi, Anda hanya akan menerima uang Rp 626 per gram. Seketika Anda menanggung risiko rugi 11,34%!

Dengan selisih harga jual dan harga beli setebal itu, emas hanya cocok untuk investasi dalam jangka panjang. Lamanya waktu bisa kita harapkan mengantarkan harga emas jauh lebih tinggi sehingga mampu menutup selisih tadi, sekaligus memberikan laba.

Sekadar gambaran, berikut ini kalkulasi potensi untung/rugi andaikata kita menjual emas kepada Logam Mulia Antam dengan harga buyback yang berlaku hari ini (17 Juli 2019), yaitu Rp 626 per gram.

Membeli emas pada 15 Juli 2019 (Rp 706 per gram) = -11.33% (rugi)
Membeli emas pada 1 Juli 2019 (Rp 699 per gram) = -10.44% (rugi)
Membeli emas pada 17 Juni 2019 (Rp 679 per gram) = -7,8% (rugi)
Membeli emas pada 2 Januari 2019 (Rp 665 per gram) = -5,86% (rugi)
Membeli emas pada 23 November 2019 (Rp 611 per gram) = 2,45% (untung)

Artikel ini sudah tayang di laman Kontan.co.id dengan judul: Awas, ceroboh berhitung, investasi emas malah bisa buntung 

Editor: fifi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved