Usai Resmikan Program PASRAH, Wawako Maulana Dorong Camat Paal Merah Miliki Bank Sampah

Berbagai inovasi dibuat oleh Pemerintah Kecamatan Paal Merah, untuk mewujudkan Jambi Terkini 2018-2023.

Usai Resmikan Program PASRAH, Wawako Maulana Dorong Camat Paal Merah Miliki Bank Sampah
Tribunjambi/Rohmayana
Wakil Wali Kota Jambi, Maulana meresmikan program PASRAH untuk membersihkan sampah di Kota Jambi. 

Bersihkan Sampah di Kota Jambi, Camat Paal Merah Luncurkan Program PASRAH

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI- Berbagai inovasi dibuat oleh Pemerintah Kecamatan Paal Merah, untuk mewujudkan Jambi Terkini 2018-2023. Camat Mursida membuat inovasi mengenai pembersihan sampah di Kecamatan Paal Merah.

Mursida melaunching persatuan angkutan sampah paal merah (PASRAH), Senin (15/7). PASRAH tersebut diresmikan langsung oleh Wakil Walikota Jambi Maulana.

Terlihat 16 motor angkutan sampah dijejerkan di depan Kantor Kecamatan Paal Merah. Sementara tujuan dari dibentuknya PASRAH ini untuk mewujudkan Paal Merah yang bersih dari sampah terutama sampah plastik untuk mensukseskan Jambi Terkini.

Wakil Wali Kota Jambi Maulana sangat mengapresiasi dan menghargai inovasi yang dibuat oleh jajaran Kecamatan Paal Merah. Karena inovasi tersebut melibatkan swadaya masyarakat yang sadar akan kebersihan.

Baca: Diduga Selewengkan Dana Desa, Warga Desa Bukit Minta Kadesnya Dicopot

Baca: Penjaga Taman SPM Sabak Temukan Alat Kontrasepsi dan Botol Miras

Baca: Timsus Bakal Kejar Penampung Minyak Illegal di Jambi

Baca: Kisah Motif Loreng Darah Mengalir Milik Kopassus, Ternyata Pernah Jadi Seragam Korps Marinir AS

Baca: Nasib Andika Eks Kangen Band Dulu Vokalis & Digilai Banyak Cewek, Kini Banting Setir Jadi Jual Beras

“Swadaya masyarakat tersebut sebagai wujud gotong royong, tanpa harus meminta fasilitas dari Pemerintah Kota Jambi, namun pihak Pemerintah Kota Jambi akan mendukung dan menyuport inovasi tersebut,” kata Maulana.

Menurutnya PASRAH adalah inovasi yang baik karena melibatkan masyarakat. Selain itu, tata kelola sampah tidak akan berhasil tanpa kerjasama dengan masyarakat.

“Setelah ini nanti akan kita dorong Kecamatan Paal Merah untuk memiliki bank sampah sehingga nantinya warga bisa mendaur ulang sampah,” sebutnya.

Maulana berharap agar PASRAH bisa dikembangkan lagi inovasi-inovasi yang sudah ada. Karena saat ini produksi sampah di Kota Jambi dalam sehari sudah mencapai 500 ton.

“Selain memberikan penyadaran kepada masyarakat untuk mengurangi penggunaan plastik, kita juga harus memberikan kesadaran masyarakat untuk bisa saling menjaga lingkungan yang bersih dan indah,” katanya.

Sementara itu Camat Paal Merah Mursida mengatakan bahwa petugas PASRAH tersebut akan bertugas di 5 kelurahan yang ada di Kecanatan Paal merah. Sementara untuk biaya operasional seluruhnya murni dari swadaya masyarakat.

“Swadaya tersebut sebagai gotong royong dan kesadaran masyarakat untuk sama-sama bisa menjaga kebersihan di lingkunganya,” sebutnya.

Menurutnya jumlah PASRAH yang di launching yakni 16 angkutan, masing-masing angkutan akan aktif setiap hari beroperasi mengambil sampah di masing-masing rumah masyarakat. Sementara per bulan masyarakat per KK hanya di bebankan biaya 20 ribu untuk biaya operasional angkutan.

Baca: Prabowo Dituduh Pengkhianat, Andre Rosiade Berkoar, Sebut Ketemu Jokowi Demi Bebaskan Pendukung

Baca: Honda X-ADV 150 Siap Jegal Yamaha NMAX, Perkiraan Harga, Spesifikasi, Launching di GIIAS 2019?

Baca: Hotman Paris Kepincut Pedangdut Bella Nova yang Nyanyikan Cinta Suami Orang, Singgung Farhat Abbas?

Baca: Kader JKN - KIS Jambi Raih Prestasi nomor 3 se- Wilayah Sumbagteng Jambi

Baca: Tertua Berusia 93 Tahun, 350 CJH Kabupaten Tanjab Barat, akan Diberangkatkan dalam 2 Kloter

“Munculnya inovasi PASRAH supaya sampah-sampah rumah tangga yang sulit di antarkan ke TPS akan di angkut. Tidak hanya untuk mengangkut sampah, tapi petugas akan di berikan pelatihan untuk bisa mendaur ulang sampah menjadi barang yang bermanfaat,” pungkasnya.

Penulis: Rohmayana
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved