Perempuan Desa Durian Rambun Mulai Produksi Kopi Kemasan Asli Merangin

Kelompok Perempuan Harapan Baru Desa Durian Rambun dalam dua tahun mampu membeli kebun kopi dan memproduksi kopi kemasan sendiri.

Perempuan Desa Durian Rambun Mulai Produksi Kopi Kemasan Asli Merangin
Tribunjambi/Dunan
Kelompok Perempuan Harapan Baru Desa Durian Rambun, Kecamatan Muara Siau Kabupaten Merangin yang berhasil memproduksi kopi kemasan dan membeli kebun sendiri. 

Perempuan Desa Durian Rambun Mulai Produksi Kopi Kemasan Asli Merangin

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI- Kelompok Perempuan Harapan Baru Desa Durian Rambun dalam dua tahun mampu membeli kebun kopi dan memproduksi kopi kemasan sendiri.

Sebuah langkah maju, dilakukan oleh kelompok perempuan Harapan Baru Desa Durian Rambun. Kelompok perempuan ini berinisiatif untuk mengelola kopi hasil kebun warga menjadi kopi kemasan.

Nuridawati ketua kelompok perempuan Harapan Baru menuturkan bahwa langkah mereka merubah diri berkat pendampingan yang dilakukan beberapa lembaga. Sehingga mereka berani untuk memulai usaha sendiri melalui komoditi kopi yang ada di desanya.

Selain itu, semangat lainya, mereka membentuk kelompok perempuan untuk ingin meningkatkan taraf hidup kaum perempuan dan keluarga di desa setempat.

Baca: Warga Durian Rambun Dilarang Pakai Penanak Nasi Listrik, Ternyata Masalah Ini yang Dihadapi

Baca: Warga Desa di Kecamatan Siau Kesulitan Akses Jalan dan Sinyal Telepon

Baca: Waspadai Karhutla di Puncak Kemarau, Manggala Agni Ruti Patroli

Baca: Momen Tour de Singkarak, Air Minum Segar Kembali Diproduksi

"Awalnya kami didampingi oleh satu lembaga. Kemudian dari situlah terus kami tingkatkan," ungkap Nuridawati, Ketua Kelompok Perempuan Harapan Baru, Desa Durian Rambun Kecamatan Muara Siau Kabupaten Merangin, Jambi, Kamis (11/7/2019).

Awalnya Kelompok Perempuan Harapan Baru ini berdiri tahun 2014. Dengan modal seadanya mereka membeli kopi hasil panen warga. Kemudian kopi tersebut mereka olah sendiri hingga menjadi kopi kemasan.

Setelah 2 tahun, tepatnya pada tahun 2016, Kelompok Perempuan Harapan Baru memilih untuk membeli kebun kopi sendiri. Sehingga kini mereka sudah bisa memanen kopi dari kebun sendiri.

"Saat ini bahan baku kami petik dari kebun sendiri dan kebun warga yang lain," ungkap Nuridawati.

Saat ini diakui Nuridawati, produksi kopi kemasan yang diberi nama Kopi Harapan Baru ini sudah dipasarkan. Mereka menitipkannya di toko-toko yang ada di pasar Muara Siau. Selain itu juga di titipkan di toko milik warga setempat dan desa lainnya.

Halaman
12
Penulis: dunan
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved