118 Koperasi di Batanghari Dinilai Tak Memenuhi Syarat, Terancam Dibekukan

"Ratusan Koperasi ini diusulkan untuk dibekukan ke Pemerintah Pusat lantaran dinilai tidak lagi aktif," ujarnya saat dikonfirmasi, Minggu (14/7).

118 Koperasi di Batanghari Dinilai Tak Memenuhi Syarat dan Terancam Dibekukan

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Rian Aidilfi Afriandi.

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Ratusan Koperasi di Kabupaten Batanghari terancam dibekukan.

Pembekuan tersebut berdasarkan hasil verifikasi yang dilakukan oleh tim dari Dinas Koperasi Perindustrian Dan Perdagangan (DisKoperindag) Kabupaten Batanghari.

Hal ini dibenarkan oleh Kasi Pengelola Kebijakan Kelembagaan Koperasi Dinas Koperindag, Ibrar. Ia mengatakan, ada 118 koperasi yang terancam dibekukan.

"Ratusan Koperasi ini diusulkan untuk dibekukan ke Pemerintah Pusat lantaran dinilai tidak lagi aktif," ujarnya saat dikonfirmasi, Minggu (14/7).

Ia melanjutkan, berdasarkan hasil verifikasi yang dilakukan oleh tim Diskoperindag Kabupaten Batanghari, hingga saat ini masih terdapat Koperasi yang dinilai tidak lagi memenuhi persyaratan.

Akibatnya, dari jumlah total 305 koperasi yang tersebar di delapan kecamatan terdapat 118 koperasi yang masuk dalam usulan dibekukan tersebut.

"Jumlah totalnya 305, ada beberapa kriteria koperasi yang masih aktif. Dan 118 itu tidak aktif lagi," tambahnya.

Kata Ibrar, bahwa dari hasil verifikasi yang dilakukan oleh petugas di lapangan, ratusan koperasi tersebut hanya tinggal nama saja.

Bahkan keberadaan atau alamat kantor dari koperasi itu sendiri sudah tidak dapat di temukan lagi.

"Sejauh ini pihak Diskoperindag pun telah mengirim berkas usulan pembekuan terhadap ratusan Koperasi tersebut kepada Pemerintah Provinsi Jambi agar segera ditindaklanjuti ke Kementrian Koperasi Dan UKM Republik Indonesia."

"Dengan demikian, hingga saat ini hanya tersisa 187 koperasi yang dinilai masih aktif," pungkasnya. (*)

Penulis: Rian Aidilfi Afriandi
Editor: nani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved