Info Terkini Kota Jambi

Hebat! Masuk 74 Pemimpin Kota Terpilih, Walikota Fasha Hadiri World Cities Summit 2019

Walikota Jambi Dr. H. Syarif Fasha, ME, termasuk dalam 74 pemimpin kota terpilih yang diundang

Hebat! Masuk 74 Pemimpin Kota Terpilih, Walikota Fasha Hadiri World Cities Summit 2019
Humas Pemkot Jambi
Masuk 74 Pemimpin Kota Terpilih, Walikota Fasha Hadiri World Cities Summit 2019 

JAMBI, TRIBUNJAMBI.COM - Walikota Jambi Dr. H. Syarif Fasha, ME, termasuk dalam 74 pemimpin kota terpilih yang diundang dalam pertemuan kota-kota dunia "World Cities Summit Mayors Forum (WCSMF) 2019" yang berlangsung di Medellin, Kolombia.

Walikota Jambi Sy Fasha Bersama Walikota Medellin, Kolombia
Walikota Jambi Sy Fasha Bersama Walikota Medellin, Kolombia (Humas Pemkot Jambi)

Puncak acara yang berlangsung di Plaza Conventions and Exhibitions, Medellin, Kolombia itu berlangsung dari tanggal 10 hingga 14 Juli 2019.

Kabag Humas Kota Jambi, Abu Bakar mengatakan, Wali Kota Jambi Syarif Fasha selain akan mengikuti diskusi tentang permasalahan penataan kawasan perkotaan, climate change dan isu global lainnya, juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan para pemimpin kota dunia lainnya.

Walikota Fasha bersama Gubenur DKI Anies Baswedan yang menjadi pembicara WCSMF
Walikota Fasha bersama Gubenur DKI Anies Baswedan yang menjadi pembicara WCSMF (Humas Pemkot Jambi)

"Walikota Jambi akan turut hadir dalam high-level event, dalam acara itu akan dibahas best practice tentang penataan kawasan-kawasan perkotaan, kawasan kumuh yang diubah menjadi kawasan eco wisata dan kawasan terpadu. Selain itu, Walikota Jambi juga direncanakan akan melakukan pertemuan bilateral dengan para Walikota dunia lainnya," terang Abu Bakar.

Fasha Wawancara bersama Telemedellin TV, National Pers dan Carscol Television
Fasha Wawancara bersama Telemedellin TV, National Pers dan Carscol Television (Humas Pemkot Jambi)

Menurutnya, forum tersebut merupakan forum yang sangat penting dan berharga untuk mendapatkan gagasan dari para Pemimpin Kota di seluruh dunia, terkait pemahaman yang lebih baik untuk pembangunan kota yang berkelanjutan, serta melakukan perencanaan dan pengembangan masalah perkotaan.

Dia juga menambahkan, keikutsertaan Walikota Jambi dalam forum itu, merupakan sebuah prestasi yang membanggakan, karena kota Jambi masuk 74 kota penting didunia dalam forum WCSMF tersebut.

"Ini sebuah prestasi yang membanggakan, karena kota Jambi mendapat kehormatan menjadi 1 dari 74 pemimpin kota dari seluruh dunia yang diundang dalam pertemuan itu. Keikutsertaan Walikota Jambi dalam forum itu juga akan turut meningkatkan pengaruh dan posisi kota Jambi diantara kota-kota dunia lainnya," jelas Abu Bakar.

Abu Bakar menjelaskan, dalam forum itu, Walikota Jambi juga akan bicara tentang program unggulan dibidang pemberdayaan dan partisipasi masyarakat, Kampung Bantar dan Bangkit Berdaya yang telah menjadi role model. Menurut Abu Bakar, program Bangkit Berdaya turut menarik perhatian dunia, karena program prestisius itu telah menjadi role model dunia yang membawa kota Jambi meraih penghargaan Internasional karena sukses menggerakan partisipasi masyarakat perkotaan dalam pembangunan.

"Bangkit Berdaya, menarik untuk diangkat dalam forum dunia, karena inovasi Bangkit Berdaya itu diakui mampu menjadi solusi pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan perkotaan. Program inspiratif pak Walikota Syarif Fasha itu juga telah mendapat pengakuan internasional yang ditandai dengan diterimanya penghargaan IOPD (International Observatory on Participatory Democracy-red) Awards Recognition, yang berlangsung di Montreal Quebec Kanada, 2017 lalu. Penghargaan itu juga sekaligus menempatkan Kota Jambi sebagai 30 besar kota terbaik dari 7000 kabupaten/kota di dunia yang memiliki inovasi sosial inspiratif, yang mengedepankan peran serta dan partisipasi komunitas masyarakat," jelasnya lagi.

Sementara itu, Walikota Jambi Syarif Fasha dalam vlognya (video pendek-red) yang direlease ke media kemarin, Jumat (11/7), mengatakan kehadirannya di World Cities Summit Mayors Forum (WCSMF) Ke-10 di Medellin, Kolombia tersebut akan membicarakan best practice penataan kawasan-kawasan perkotaan.

Halaman
12
Editor: rida
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved