Harga Emas Naik, Warga Jambi Manfaatkan untuk Peluang Investasi

Pemikiran investasi yang cukup sering dibicarakan orang adalah berinvestasi logam mulia yakni emas.

Harga Emas Naik, Warga Jambi Manfaatkan untuk Peluang Investasi
Tribunjambi/Fitri Amalia
Pedagang emas di Kota Jambi akui penjualan masih stabil meski harga emas Antam tinggi. 

Harga Emas Naik, Warga Jambi Manfaatkan untuk Peluang Investasi

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Investasi menjadi omongan banyak orang untuk menjadikan suatu peluang dalam memanfaatkan keadaan ekonomi yang terkadang mengalami kegalauan.

Pemikiran investasi yang cukup sering dibicarakan orang adalah berinvestasi logam mulia yakni emas. Nyatanya menurut Dr. Pantun Bukit, S.E.,M.Si, Ketua Pusat Kajian Ekonomi dan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Batanghari Jambi, emas menjadi pilihan yang tepat untuk berinvestasi.

Menurutnya banyak keuntungan yang didapat masyarakat dengan berinvestasi emas batangan. Ia juga melihat adanya perkembangan untuk investasi emas di Jambi, tetapi penting untuk masyarakat diedukasi oleh pemerintah maupun perbankan untuk bijak berinvestasi.

"Tetapi perlu diperhatikan, jika masyarakat Jambi ingin berinvestasi emas harus dapat menahan menjual karena harga emas yang fluktuatif," katanya.

Baca: 2.000 Lansia Tak Bisa Apa-apa, Dinsos Jambi Ajukan Perda Lansia ke DPRD

Baca: 5 Orang Saksi Diperiksa Terkait Kasus Pemukulan Kades Sengkati Baru

Baca: 2020, Dinkes Muarojambi Targetkan Semua Puskesmas Terakreditasi

Baca: Sampai Pertengahan Juli, PN Muara Bungo Putus 5.041 Perkara Tilang

PT. Pegadaian pun turut merasakan dampak positif dari naiknya harga emas saat ini. Dhoni Qadri, Senior Manajer Pegadaian Mayang, mengatakan investasi emas dalam bentuk tabungan emas di Pegadaian meningkat. Kenaikan omset dan Out Standing Loan (OSL) Pegadaian sebesar 12 persen menjadi buktinya. Tren tabungan emas di Pegadaian juga naik lebih dari 10 persen di Pegadaian Mayang.

"Manfaat tabungan emas sangat bagus untuk semua kalangan, untuk mahasiswa hingga kalangan profesional karena manfaat dan orientasi tabungan emas untuk investasi sebagai cadangan biaya di masa depan," ujarnya.

Yani, salah satu nasabah di PT. Pegadaian menilai positif investasi emas. Investasi emas menjadi solusi baginya untuk masa depan.

"Kalau di Pegadaian memang harus nabung dulu tapi enaknya di sini tabungan emas langsung dikonversikan dengan emas, dan nilai emas mengikuti nilai emas saat itu jika kita mau cairkan dalam bentuk uang, jadi gak ada ruginya berinvestasi emas," ujarnya.

Selain emas batangan, emas perhiasan juga dapat menjadi alternatif lain untuk berinvestasi. Walaupun keuntungan yang akan didapat dalam berinvestasi emas perhiasan tidak besar, emas perhiasan dapat menjaga gengsi yang punya.

"Karena emas gram kan hitungannya tidak terlalu besar, kalo suku besar nian jadinya, jadi kalo graman ini istilahnya modelnya yang dicari jadi masih banyak yang beli, mungkin juga karena faktor ekonomi yang masih bagus di Jambi saat ini," ujar Andra, Owner Toko Emas Sumatera.

Ia menambahkan, daya beli masyarakat terhadap emas perhiasan juga dipengaruhi oleh hasil perkebunan sawit dan karet di Jambi.

Baca: Suami Istri Gantian Saling Hisap Bong, Kini Siap-siap ke Hotel Prodeo

Baca: Pejabat Kejati Jambi Banyak Dimutasi, Ini Daftar Namanya

Baca: Di Persidangan, 3 Terdakwa Pengolah BBM Ilegal Muara Bulian Beberkan Cara Memasak Minyak Ilegal

Baca: Kambing Bantuan Pemerintah Mati, Zulkarnain: Kambing Itu Kebanyakan Makan Rumput

Penulis: fitri
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved