Advertorial

Dinkes Provinsi Jambi Gelar Koordinasi Lintas Sektor Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Dinkes Provinsi Jambi Gelar Koordinasi Lintas Sektor Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas)

Dinkes Provinsi Jambi Gelar Koordinasi Lintas Sektor Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat
Istimewa
Pemerintah provinsi melalui Dinas Kesehatan Provinsi Jambi menggelar pertemuan forum koordinasi dengan lintas sektor terkait Germas di Kabupaten Sarolangun, Kamis (11/7). 

Dinkes Provinsi Jambi Gelar Koordinasi Lintas Sektor Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS)

TRIBUNJAMBI.COM - Pemerintah provinsi melalui Dinas Kesehatan Provinsi Jambi menggelar pertemuan forum koordinasi dengan lintas sektor terkait GERMAS di Kabupaten Sarolangun, Kamis (11/7).

Pelaksanaan Germas ini sebagai tindak lanjut Instruksi Presiden Nomor 1/2017, tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat sebagai alah satu kegiatan preventif dan promotif, bertujuan untuk menjamin kesehatan terjaga lingkungan lebih bersih, lingkungan produktif dan biaya berobat jadi berkurang.

Sebagai narasumber, hadir dari Bappeda Provinsi Jambi Edi Wijaya, SP, ME, Bappeda Kabupaten Sarolangun H Lukman, SPd, MPd dan Dinas Kesehatan Provinsi jambi Herwan, SKM, MKM.

Herwan selaku narasumber dari Dinkes Provinsi Jambi, menjelaskan perbaikan lingkungan dan perubahan perilaku ke arah yang lebih sehat perlu dilakukan secara sistematis dan terencana oleh semua komponen bangsa.

Pemerintah provinsi melalui Dinas Kesehatan Provinsi Jambi menggelar pertemuan forum koordinasi dengan lintas sektor terkait Germas di Kabupaten Sarolangun, Kamis (11/7).
Pemerintah provinsi melalui Dinas Kesehatan Provinsi Jambi menggelar pertemuan forum koordinasi dengan lintas sektor terkait Germas di Kabupaten Sarolangun, Kamis (11/7). (Istimewa)

"Untuk itu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) menjadi pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik," ujarnya.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Sarolangun telah memasukkan Germas dalam Visi dan Misi RPJMD 2017-2022, guna mewujudkan masyarakat yang lebih baik, menjadi fokus dalam agenda pembangunan. Agenda itu terutama misi kedua, yakni meningkatkan kualitas SDM serta penguatan nilai-nilai agama dan budaya.

"Pemerintah Kabupaten Sarolangun sudah melaksanakan kampanye Germas dan penandatanganan nota kesepakatan dengan stakeholder terkait, untuk sosialisasi gerakan masyarakat hidup sehat tingkat Provinsi Jambi di Kabupaten Sarolangun," tutur H Lukman

Untuk menyukseskan GERMAStidak bisa hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja. Peran kementerian dan lembaga di sektor lainnya juga turut menentukan dan ditunjang peran serta seluruh lapisan masyarakat.

Secara umum GERMAS bertujuan untuk menurunkan beban penyakit menular dan tidak menular, baik kesakitan, kecacatan maupun kematian, dan untuk menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit.

Selain itu, untuk menghindari terjadinya penurunan produktivitas penduduk dan menghindari terjadinya peningkatan financial penduduk dalam pengeluaran kesehatan.

Sedangkan secara khusus, GERMAS bertujuan untuk advokasi kepada pengambil kebijakan di kabupaten Sarolangun dalam mendukung pelaksanaan GERMAS, sosialisasi kepada seluruh OPD terkait, dan terbentuknya Forum Koordinasi GERMAS Kabupaten Sarolangun.

Bappeda Provinsi Jambi berharap Pemkab Sarolangun untuk menyusun dan menetapkan kebijakan daerah yang diperlukan untuk pelaksanaan GERMAS, melakukan fasilitasi, koordinasi, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan GERMAS, serta melaporkan pelaksanaan GERMASkepada menteri terkait. (*)

Editor: duanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved