Info BPJS Kesehatan

Jangkau Peserta Terluar Wilayah Kota Jambi, BPJS Kesehatan Tempatkan Mobile Care Service

Mobile Care Service (MCS) merupakan program jemput bola yang dihadirkan BPJS Kesehatan agar lebih dekat masyarakat.

Jangkau Peserta Terluar Wilayah Kota Jambi, BPJS Kesehatan Tempatkan Mobile Care Service
Istimewa
Mobile Care Service (MCS) dari BPJS Kesehatan di Kota Jambi. 

Jangkau Peserta Terluar Wilayah Kota Jambi, BPJS Kesehatan Tempatkan Mobile Care Service

TRIBUNJAMBI.COM - Dalam rangka perluasan kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional dan upaya mengurangi antrean pada kantor cabang di seluruh Indonesia, BPJS Kesehatan menempatkan mobile pelayanan atau yang biasa disebut MCS.

Mobile Care Service (MCS) merupakan program jemput bola yang dihadirkan BPJS Kesehatan agar lebih dekat masyarakat.

Dengan fasilitas kendaraan roda empat yang bersifat mobile, MCS didesain untuk mendekatkan dan meningkatkan pelayanan kepada peserta JKN-KIS ke daerah-daerah yang memiliki akses jauh dari lokasi kantor cabang dan kantor kabupaten/kota.

Dengan adanya Mobile Care Service, harapannya dapat mempermudah masyarakat untuk pelayanan perubahan data bahkan pendaftaran, sehingga tidak harus antre di kantor.

Selain itu, MCS juga bisa menghemat waktu karena jarak yang jauh serta biaya terkait ongkos yang harus dikeluarkan oleh peserta.

"Di Jambi, penempatan MCS dilakukan di kantor kantor kecamatan yang berada di wilayah Kota Jambi. Dan untuk jadwalnya setiap hari Selasa dan Kamis," ujar Hangga, Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta KC Jambi.

Penempatan tersebut dilakukan di kantor kecamatan, dengan harapan sebelum melaksanakan kegiatan MCS para camat yang sudah terlebih dahulu mendapatkan jadwal kunjungan MCS BPJS Kesehatan bisa memberikan informasi kepada lurah dan Ketua RT setempat terkait kunjungan MCS tersebut.

"Sebelum penempatan, kami berkoordinasi kepada bapak dan ibu camat, sekaligus meminta bantuan untuk menyebarkan informasi mengenai keberadaan kami, sehingga kunjungan peserta pada saat MCS bisa meningkat. Karena akses yang mudah dijangkau calon peserta/masyarakat dan terbukti dapat meningkatkan kunjungan MCS dibandingkan sebelum adanya koordinasi dengan camat dan hari ini (26/02) MCS kami berada di Kecamatan Jambi Timur," ujar Hangga.

Seorang pengunjung Mobile Care Service, Feri, mengakui sangat terbantu dengan kehadiran MCS tersebut.

Feri yang berprofesi sebagai pedagang mengaku sulit untuk menyisihkan waktunya di sela-sela melakukan aktivitas rutinnya, dan sudah lama ingin mendaftarkan diri menjadi peserta JKN,.

"Saya dan keluarga memang sudah lama ingin daftar BPJS Kesehatan, tapi ndak sempat sempat. Alhamdulillah kok tadi nampak mobil BPJS Kesehatan nongkrong di kantor Camat Jambi Timur sewaktu mau ke pasar. Ya sudah saya berhenti sebentar mau daftar," ujarnya penuh antusias.

Secara persentase, Kota Jambi merupakan satu di antara daerah yang sudah meraih predikat Universal Health Coverage pada 2018, dengan kepesertaan hingga Desember 2018 mencapai sebesar 97,1 persen menjadikan Kota Jambi sebagai satu di antara penerima penghargaan yang diberikan oleh presiden namun 2,9 persen masyarakat tersebut belum terdaftar menjadi peserta JKN KIS.
"BPJS Kesehatan rutin menggelar kegiatan MCS tersebut demi tercapainya UHC secara menyeluruh di wilayah Kota Jambi dan juga tidak hanya melakukan pendaftaran MCS juga berfungsi untuk peningkatan penggunaan serta sosialisasi aplikasi Mobile JKN sehingga nantinya peserta diharapkan tidak berkunjung lagi ke kantor cabang hanya untuk melakukan perubahan data dan pengecekan tagihan iuran," kata Hangga. (adv)

Editor: duanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved