Gejala Kanker Paru-paru yang Jarang Disadari, Diantaranya Sakit Kepala yang Tak Kunjung Hilang

Tahukah jika kanker paru merupakan jenis kanker dengan angka kematian tertinggi, yaitu 1.59 juta pada tahun 2012, menurut World Health Organization

Gejala Kanker Paru-paru yang Jarang Disadari, Diantaranya Sakit Kepala yang Tak Kunjung Hilang
Kolase TribunStyle.com/instagram @sutopopurwo
Sutopo Purwo Nugroho meninggal dunia di Guangzhou, China pada Minggu (7/7/2019) karena kanker paru-paru. Ini kata-katanya di Instagram. 

TRIBUNJAMBI.COM - Tahukah jika kanker paru-paru  merupakan jenis kanker dengan angka kematian tertinggi, yaitu 1.59 juta pada tahun 2012, menurut World Health Organization (WHO).

Salah satu penyebab angka kematian yang tinggi adalah akibat sulitnya mendiagnosis kanker paru-paru secara dini.

Berikut adalah beberapa tanda-tanda peringatan dari kanker paru-paru yang tidak boleh Anda abaikan: 

1. Anda mengalami batuk yang tidak dapat disembuhkan

Batuk sangat umum terjadi. Anda dapat batuk akibat demam atau karena tersedak. Namun, jika batuk tidak segera berhenti setelah demam hilang atau tidak membaik setelah diobati, Anda perlu mengunjungi dokter untuk memeriksa paru atau X-ray.

2. Anda merasakan perubahan pada batuk Anda

Batuk kronis sering kali merupakan gejala dari kondisi lain, seperti refluks asam lambung (GERD), asma, atau alergi. Namun, jika kondisi batuk berubah (seperti dari batuk kering kemudian batuk berdahak atau berdarah), Anda perlu mengunjungi dokter.

3. Anda merasakan sesak napas setelah aktivitas normal

Jika Anda sering merasa sesak napas atau napas Anda berbunyi, hal ini dapat menjadi gejala kanker paru. Anda dapat memiliki kesulitan bernapas akibat tumor yang menghalangi saluran pernapasan atau cairan di sekitar paru meningkat, sehingga menekan paru Anda. 

Namun, apabila Anda tidak dapat bernapas dengan normal setelah melakukan aktivitas rutin seperti naik tangga, mengangkat barang, atau melakukan hal-hal yang sebelumnya dapat Anda lakukan tanpa kesulitan bernapas, segera hubungi dokter.

Halaman
1234
Editor: heri prihartono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved