Hasil PPDB Kota Jambi akan Diumumkan Senin Besok Pukul 16.00

Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sudah berakhir pada, Sabtu (6/7). siswa tinggal menunggu hasil PPDB pada Senin (8/7).

Hasil PPDB Kota Jambi akan Diumumkan Senin Besok Pukul 16.00
Tribunjambi/Rohmayana
Tampak suasana PPDB di Dinas Pendidikan Kota Jambi. 

Hasil PPDB Kota Jambi akan Diumumkan Senin Besok Pukul 16.00 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI- Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sudah berakhir pada, Sabtu (6/7). Berbagai problema pada rangkaian PPDB sudah berakhir, siswa tinggal menunggu hasil PPDB pada Senin (8/7).

Seperti yang dirasakan (ST) yang rumahnya berada di sekitar SMPN 6 Kota Jambi. Ia mengaku bahwa jarak rumahnya dengan SMPN 6 hanya 300 meter. Namun, saat pendaftaran online tercatat bahwa jaraknya sejauh 900 meter. Sehingga dirinya tidak optimis bisa masuk di SMPN 6 Kota Jambi.

"Padahal rumah saya persis di belakang SMPN 6, di jalan Abdul Khatab, tapi terlihat saat pendaftaran rumahnya berjarak hampir 1 kilometer," ujarnya kepada Tribunjambi.com, Sabtu (6/7).

Berbeda dengan yang dialami, (AN) warga Thehok yang rumahnya berada di belakang mall Transmart, Kelurahan Tambak Sari. Dirinya mengaku kesulitan mencari sekolah negeri, karena semua sekolah yang ada di sekitarnya rata-rata berjarak 1.8 kilometer.

Baca: Shellen: Jatuh Cintalah pada Hal yang Kamu Pelajari

Baca: Niat Mengadu Nasib ke Jambi, Warga Sekayu Justru Alami Kecelakaan Maut dan Bernasib Tragis

Baca: Dua Tahun Menjabat, Pemprov Jambi Evaluasi Kerja Eselon II Hasil Lelang Jabatan

Baca: Kecelakaan di Kerinci, Dump Truk Terjun ke Sawah Lalu Terbalik

"Kalau mau masuk SMPN 2 jaraknya 1,8 Kilometer, kalau SMPN 6 lebih jauh lagi jaraknya. Jadi kami bingung harus masuk sekolah dimana," kata AN yang namanya enggan disebutkan.

Karena persaingan zonasi tersebut, AN akhirnya memilih menyekolahkan anaknya di sekolah swasta yang ada di Jambi. "Ya walaupun harus mengeluarkan SPP yang lebih besar, mau bagaimana lagi. Sekarang bukan persaingan prestasi, tapi persaingan zonasi," katanya.

Sementara itu, berdasarkan data Dinas Pendidikan Kota Jambi hingga penutupan pendaftaran PPDB tingkat SMP di Kota Jambi tercatat sebanyak 6.249 siswa lulusan SD mendaftar di SMPN kota Jambi. Namun dari semua pendaftar tersebut hanya 4.957 yang akan diterima di SMP Negeri.

Dari data tersebut, sekolah yang paling banyak pendaftarnya yakni di SMPN 6 kota Jambi sebanyak 480 siswa. Sementara yang paling sedikit mendaftar yakni di SMPN 13 sebanyak 25 siswa.

Dikatakan Arman kepala Disdik Kota Jambi bahwa PPDB resmi ditutup pada pukul 14.00. Sementara saat ini pihaknya sedang mempersiapkan hasil pendaftaran online, prestasi, mutasi, dan perpindahan domisili.

"Rencananya hasil pendataran akan diumumkan secara tertulis pada Senin (8/7) pukul 16.00, di sekolah masing-masing," ujarnya.

Menanggapi kesenjangan peminat sekolah negeri yang ada di Kota Jambi. Seperti yang terjadi di SMPN 13 Seberang yang pendaftarnya hanya 25 siswa serta di SMPN 23 Sijenjang pendaftarnya hanya 47 siswa. Arman mengatakan bahwa di dua sekolah tersebut orang tua lebih berminat mendaftarkan anaknya di sekolah swasta.

Baca: KETIKA Presiden Jokowi Nyaris Bangkrut Dikisahkan Majalah Arab Saudi, Dibantu PGN Rp 500 Juta

Baca: PERAMPOK Toko Kembang Api Justru Tertembak dengan Senjatanya Sendiri hingga dalam Kondisi Kritis

Baca: Season 7 Bakal Segera Berakhir, Berikut Bocoran Season Terbaru PUBG Mobile, Ada Senjata Baru

Baca: Kamu yang Lahir di Bulan Juli Punya Keistimewaan, Diantaranya Rasa Optimis yang Besar Nih!

"Tapi dibanding tahun sebelumnya sudah ada peningkatan jumlah siswa yang mendaftar," katanya.

Sementara terkait dengan problema siswa yang mengalami kendala saat pendaftaran seperti jarak rumah yang seharusnya dekat namun tercatat jauh, pihaknya sudah menyiapkan posko untuk perbaikan. Posko tersebut berada di Dinas Pendidikan Kota Jambi, yakni dibuka mulai 8 hingga 9 Juli.

"Kalau ada yang salah mengisi data bisa kita perbaiki," pungkasnya.

Penulis: Rohmayana
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved