Di Kemenko Kemaritiman RI, Haris Sebut Geopark Merangin Terlengkap di Dunia

Kata Haris, para peneliti geologi Indonesia dan Malaysia berpendapeopark Merangin merupakan geopark terlengkap di dunia.

Di Kemenko Kemaritiman RI, Haris Sebut Geopark Merangin Terlengkap di Dunia
IST
Bupati Merangin Al Haris bersama Wakilnya H Mashuri dan beberapa pejabat Pemkab Merangin memaparkan potensi Geopark Merangin - Jambi, di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia. 

Di Kemenko Kemaritiman RI, Haris Sebut Geopark Merangin Terlengkap di Dunia

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO -- Upaya Pemerintah Kabupaten Merangin untuk mempromosikan Geopark Merangin terus dilakukan.

Tadi pagi, Bupati Merangin Al Haris bersama Wakilnya H Mashuri dan beberapa pejabat Pemkab Merangin memaparkan potensi Geopark Merangin - Jambi, di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia.

Dalam paparan yang juga disaksikan oleh General Manager Geopark Merangin –Jambi, Latief Nurbana Asdep IV bidang Jejaringan Inovasi Maritim dan Gunawan Wibawa utusan dari Kemenpar, Al Haris mengupas tentang kondisi Geopark dari mulai pengakuan Geopark Merangin ke Geopark Nasional, sampai apa-apa saja yang telah dilakukan Pemkab Merangin terhadap geopark tersebut.

‘’Kita telah membuat master plant Geopark Merangin, persiapan penilaian UNESCO pada 2015 lalu, sampai bantuan dari Kementrian PUPR untuk pembangunan sarana penunjang lokasi wisata Geopark Merangin,’’ ujar Bupati.

Baca: Puncak Kemarau, BPBD Sarolangun Temukan Satu Titik Api di Pauh

Baca: Mulai Difungsikan, Dinas Peternakan Sungai Penuh Minta Warga Potong Sapi di RPH

Baca: Pemprov Jambi Ajukan Rp 1,3 Miliar untuk Seleksi CPNS dan P3K 2019

Baca: SMPN 6 Muarojambi Buka PPDB, Panitia Akui Tak Ada Kendala dengan Sistem Zonasi

Baca: KPU Bungo Beberkan Alasan Penetapan Caleg Terpilih Ditunda

Penilaian Geopark Merangin-Jambi oleh UNESCO terang H Al Haris, menjadi standar dan tolok ukur serta bahan evaluasi untuk penilaian Geopark Merangin-Jambi kedepannya.

‘’Sekarang kita sudah terbantu, dengan adanya badan hukum yang mengatur Geopark ini. Kementerian sudah banyak terlibat dalam pengelolaan pengembangan Geopark Merangin-Jambi ini,’’ terang H Al Haris.

Geopark Merangin-Jambi lanjut bupati, menurut para ahli geologi dari Indonesia dan Malaysia, yang sudah melakukan penelitian di sepanjang aliran Sungai Batang Merangin, beda dengan geopark di daerah lainnya.

Para peneliti geologi itu berpendapat, Geopark Merangin merupakan geopark terlengkap di dunia. Begitu juga menurut peneliti Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI yang telah melakukan penelitian selama tiga tahun.

‘’Merangin mempunyai keragaman geologi terkomplet dibanding wilayah lain kata peneliti dari Badan Geologi Ratdomo Purbo. Mereka juga menemukan Kaldera Merangin dan bukti gelogi awal terbentuknya Pulau Sumatera,’’ jelasnya.

Halaman
12
Penulis: muzakkir
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved