Info BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan Gelar Pertemuan Utilisasi Review di RS Siloam Jambi, Samakan Pemahaman Pelayanan

Dalam pertemuan tersebut, disampaikan mengenai 10 PPK perujuk terbanyak yang ditujukan ke RS Siloam Jambi, serta diagnosa terbanyak yang dilayani ...

BPJS Kesehatan Gelar Pertemuan Utilisasi Review di RS Siloam Jambi, Samakan Pemahaman Pelayanan
Istimewa
BPJS Kesehatan Cabang Jambi melaksanakan pertemuan Utilisasi Review dengan manajemen Siloam Hospitals Jambi (12/2/2019). 

BPJS Kesehatan Gelar Pertemuan Utilisasi Review di RS Siloam Jambi, Samakan Pemahaman Pelayanan

TRIBUNJAMBI.COM - Komitmen menjaga agar kualitas pelayanan kepada peserta JKN KIS terutama pada Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL), BPJS Kesehatan Cabang Jambi melaksanakan pertemuan Utilisasi Review dengan manajemen Siloam Hospitals Jambi (12/2/2019).

Pertemuan tersebut sebagai bagian dari roadshow Utilisasi Review yang diadakan BPJS Kesehatan Cabang Jambi sejak Januari lalu.

Dalam pertemuan tersebut, disampaikan mengenai 10 PPK perujuk terbanyak yang ditujukan ke RS Siloam Jambi, serta diagnosa terbanyak yang dilayani di RS Siloam.

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan, Timbang Pamekas Jati, menyebutkan tujuan dari pemaparan tersebut adalah melihat potensi masalah dan diagnosa yang banyak ditujukan kepada Rumah Sakit Siloam Jambi.

Seperti pemaparan 10 PPK perujuk/ asal rujukan yang ditangani oleh RS Siloam yang paling tinggi didapatkan adalah dari RS Siloam itu sendiri.

"Kami mengindikasikan bahwasanya rujukan yang berasal dari internal Rumah Sakit Siloam sebenarnya bisa menjadi target Peserta Rujuk Balik, namun oleh rumah sakit tidak dikembalikan ke FKTP oleh karena itu setelah pemaparan. Kami harapkan bahwa untuk pasien-pasien yang memiliki potensi untuk di rujuk balik, maka akan dirujuk balik oleh dokter ke FKTP, bukan dirujuk ke internal mereka sendiri," ujar Timbang.

"Dalam pemaparan tersebut juga disampaikan mengenai hasil audit untuk RS Siloam periode Januari-Oktober 2018, dimana harapan kami sebagai penyelenggara hal tersebut tidak terulang kembali di tahun 2019," tambahnya.

Sementara itu, Direktur RS Siloam Jambi, dr Christian, mengatakan bahwa pertemuan Utilisasi Review ini memberikan pemahaman satu sama lain dalam hal memberikan pelayanan kepada peserta JKN-KIS.

Ini merupakan satu di antara wujud komunikasi yang intensif yang diharapkan dalam menyelenggarakan pelayanan kesehatan.

"BPJS Kesehatan dan RS Siloam Jambi sama-sama berbenah diri untuk dapat dapat menjalankan fungsinya dengan optimal sesuai dengan regulasi yang ditetapkan pemerintah. Kami akan berusaha menindaklanjuti feedback yang diberikan oleh BPJS Kesehatan sebagai bentuk komitmen dan kesungguhan kami dalam melayani peserta JKN KIS dan kesungguhan kami dalam bermitra dengan BPJS Kesehatan," ujar Christian. (adv)

Editor: duanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved