VIDEO : Desa Rantau Kermas di Jambi Dianugerahi Kalpataru, Jaga Alam dengan Hukum Adat

Pemerintah menganugerahkan Kalpataru kepada kelompok pengelola hutan adat Depati Kara Jayo Tuo Desa Rantau Kermas sebagai penyelamat lingkungan.

VIDEO : Desa Rantau Kermas di Jambi Dianugerahi Kalpataru, Jaga Alam dengan Hukum Adat

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Kekayaan alam dan perpaduan budaya lokal masyarakat Desa Rantau Kermas, Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin dalam menjaga alam dilirik pemerintah pusat.

Baru-baru ini pemerintah pusat menganugerahkan Kalpataru kepada Kelompok Pengelola Hutan Adat Depati Kara Jayo Tuo Desa Rantau Kermas dengan kategori Penyelamat Lingkungan.

Penghargaan ini diperoleh dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Penghargaan ini akan diserahkan oleh Presiden RI pada Pembukaan Peringatan Hari Lingkungan Hidup yang diselenggarakan pada 11 Juli 2019 mendatang.

Kelompok Pengelola Hutan Adat Depati Kara Jayo Tuo Desa Rantau Kermas ditetapkan dalam keputusan menteri lingkungan hidup dan kehutanan dengan nomor SK.416/MENLHK/PSKL/PSL.3/6/2019.

Baca: Puncak Musim Kemarau Juli-Agustus, BMKG Imbau Tak Buang Puntung Rokok Sembarangan

Baca: Toko Buku Gramedia Jambi Lagi Ramai Diskon, Consina, Tracker Beri Diskon Khusus

Baca: Tanjab Timur Diprediksi Bakal Dilanda Kemarau Panjang, UPTD SPAM Antisipasi Kekeringan

Baca: 113 Ribu Benih Lobster Selundupan Ditangkap Polresta Jambi, Libatkan Warga Batam dan Bengkulu

Selain Kelompok pengelola hutan adat Depati Kara Jayo Tuo Desa Rantau Kermas ada dua kelompok masyarakat lainnya yang juga mendapat penghargaan dengan kategori penyelamat lingkungan.

Yakni kelompok masyarakat Dayak Iban Menua Sungai Utik di Desa Batu Lintang, Kecamatan Embalo Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat.

Serta kelompok nelayan Prapat Agung Mengening Patasari di Jalan Kubu Anyar no. 08 Lingkungan Temacun Kuta, kelurahan Kuta, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali.

Kepala Desa Rantau Kermas, Hasan Apede mengaku tak menyangka sekaligus bangga dengan penghargaan yang diberikan pemerintah.

Halaman
12
Penulis: Dedy Nurdin
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved