Tim Pokjanal Posyandu lakukan Penilaian, Posyandu Desa Muarojambi Belum Terbentuk

Tim penilai Pokjanal Posyandu dan Posyandu Terbaik tingkat Provinsi Jambi melakukan kunjungan dan penilaian di Desa Muaro Pijoan.

Tim Pokjanal Posyandu lakukan Penilaian, Posyandu Desa Muarojambi Belum Terbentuk
Tribunjambi/Samsul Bahri
Tim penilai Pokjanal Posyandu dan Posyandu Terbaik tingkat Provinsi Jambi melakukan kunjungan dan penilaian di Desa Muaro Pijoan, Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muarojambi, Selasa (2/7). 

Tim Pokjanal Posyandu lakukan Penilaian, Posyandu Desa Muarojambi Belum Terbentuk

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI - Tim penilai Pokjanal Posyandu dan Posyandu Terbaik tingkat Provinsi Jambi melakukan kunjungan dan penilaian di Desa Muaro Pijoan, Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muarojambi, Selasa (2/7).

Dalam kesempatan ini dari pemerintah Kabupaten Muarojambi turut hadir Staf Ahli bidang Hukum, Suparmo , Istri Wakil Bupati Muarojambi, Ririn Novianti Bambang Bayu Suseno yang juga sebagai ketua PKK Kabupaten Muarojambi.

Selain itu, turut hadir Kepala Dinas PMD Kabupaten Muarojambi dan Tim Penilaian Posyandu Provinsi Jambi. Ketua Tim Penilaian, Bayu Eka Putra menyebut bahwa penilaian yang dilakukan telah menyasar ke seluruh Kabupaten dan Kota yang ada di Provinsi Jambi. Untuk kunjungan Kabupaten Muarojambi merupakan kabupaten ke 10 dari Kabupaten/ Kota sebelumnya.

Ia menambahkan bahwa pihaknya tidak hanya melakukan penilaian tetapi juga melakukan pembinaan terhadap hasil yang ditemukan selama di lapangan. Satu diantaranya yaitu berkaitan dengan belum adanya posyandu di desa yang ada di Muaro Pijoan.

Baca: Edi Purwanto Kembali Dipercayai Nahkodai DPD PDIP Jambi

Baca: Tandatangani Nota Kesepakatan KUPA-PPAS Perubahan APBD 2019, Ini Pesan Safrial untuk SKPD

Baca: Dewan Kritik Sikap Dokter RSUD Ahmad Ripin yang Tak Layani Pasien

Baca: Gaji ke-13 Cair, Ratusan Pensiunan ASN di Bungo Datangi Kantor Pos

Baca: Mantan Pejabat Sarolangun Enggan Kembalikan Mobil Dinas Meski Masuk Daftar Lelang

"Seperti di Muaro Pijoan ini belum terbentuk Posyandu di desa, kami silahkan untuk dibentuk. Karena namanya pokja itu legal standingnya hanya berupa SK dan profil dari Pokja itu sendiri," sebutnya.

Sementara itu, diadakannya penilaian terhadap posyandu tingkat Provinsi ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan terutama di tingkat posyandu. Sehingga dengan adanya temuan-temuan terhadap sesuatu yang belum di lakukan atau diadakan di posyandu, ke depan untuk dapat diperbaiki.

"Harapannya dengan kita menilai ini kita lakukan pembinaan jika memang ditemukan sesuatu yang vital, atau apa- apa yang menjadi pendukung untuk pelayanan posyandu lebih baik, dan itu kami minta untuk disegerakan ada," terangnya.

Lebih lanjut berkaitan dengan penilaian posyandu di Kabupaten/kota yang ada di Provinsi Jambi, Bayu menyebutkan bahwa secara umum masih terdapat kekurangan-kekurangan di sana-sini. Untuk itu pihaknya memberikan kesempatan yang sama untuk diberikan waktu guna memperbaiki pelayanan posyandu yang ada.

"Sembilan kabupaten kita berikan kesempatan yang sama bahasanya bahwa apa yang kurang dan menurut kami penting, kami berikan waktu. Lewat dari waktu yang kami berikan kami akan menilai sesuai dengan apa yang kami temukan," pungkasnya.

Baca: Berharga Mahal, Dinas Perikanan Merangin Berencana Budidaya Ikan Semah

Baca: Baliho Cek Endra Mulai Bermunculan di Jalan Sarolangun

Baca: Bupati Romi Ingin Usulan 6 Kelurahan Jadi Desa Dibatalkan

Baca: Tak Terima Divonis 3 Tahun, Terdakwa Kasus Kredit Fiktif Bank Mandiri Tebo Ajukan Banding

Baca: Kekurangan Staf, Pemkab Merangin Positif Buka Rekrutmen CPNS 2019, Usulkan 280 Formasi

Di terangkannya bahwa dalam penilaian ini, pihaknya menilai berdasarkan tiga indikator, yaitu indikator masukan, indikator proses dan keluaran. Indikator masukan di katakan Bayu bahwa ini berkaitan dengan kelembagaan, termasuk SK dari kelembagaan yang akan diproses.

"Indikator proses itu berbicara kelembagaan dan teknis dari pelayanan yang diberikan oleh posyandu , yang terakhir lebih kepada teknis pelayanan kesehatannya seperti apa," pungkasnya.

Penulis: samsul
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved