Rawan Gempa, BPBD Kerinci Minta Dipasang Alat Pendeteksi Gempa Bumi

Kabupaten Kerinci merupakan daerah yang rawan bencana gempa bumi. Aantisipasi korban jiwa, BPBD Kerinci mengajukan alat pendeteksi gempa bumi.

Rawan Gempa, BPBD Kerinci Minta Dipasang Alat Pendeteksi Gempa Bumi
Tribun Timur
Ilustrasi gempa bumi. 

Rawan Gempa, BPBD Kerinci Minta Dipasang Alat Pendeteksi Gempa Bumi

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Kabupaten Kerinci merupakan daerah yang rawan bencana gempa bumi. Untuk mengetahui informasi dan mengantisipasi korban jiwa, BPBD Kerinci mengajukan alat pendeteksi gempa bumi.

Hal itu disampaikan Kepala BPBD Kerinci, Darifus dikonfirmasi, Selasa (2/7). Dia mengatakan, bahwa pengusulan alat pedeteksi gempa bumi telah dilakukan pada tahun 2018 lalu. Saat ini tim dari BKMG sudah turun ke Kerinci.

"Untuk pengusulan itu merupakan anggaran dari Badan Klimatologi Meterorologi dan Geofisika (BKMG). Tim sudah turun untuk menijau lokasi tempat pemasangan alat pedeteksi gempa itu," jelasnya.

Untuk lokasi penempatan alatnya sendiri lanjutnya, rencananya akan ditempatkan di kantor BPBD di Bukit Tengah. Namun harus siapkan lahan tanah untuk pemasangan alat tersebut, karena untuk alatnya membutuhkan luas tanah 4 x 4 meter.

Baca: Malam Ini, Al Haris Tampil di Talkshow Indonesia Bicara TVRI Nasional

Baca: Ini Penyebab Tingginya Angka Perceraian di Tanjab Barat, Banyak yang Masih Muda

Baca: Aturan Kementerian Berubah, Puluhan Proyek Dinas PUPR Batanghari Mandek

Baca: Lelang Jabatan Sekda Sarolangun, Dua Nama Ini Muncul Sebagai Proyeksi

Baca: VIDEO: Detik-detik Bus Pontianak-Pangkalanbun Alami Kecelakaan, Terdengar Teriakan Penumpang

"Dibutuh luas lokasi 4 x 4 meter, saat ini kita lagi nunggu izin dari pak Bupati untuk pemakaian tanah pemda yang berada di Bukit Tengah," jelasnya.

Menurutnya, alat pedeteksi gempa bumi tersebut sangat perlu ada di Kabupaten Kerinci. Sebab Kabupaten Kerinci merupakan daerah yang rawan terjadi gempa bumi.

"Kalau kita lihat, daerah kita masuk dalam yang rawan terjadi gempa bumi. Maka seharusnya kita harus memiliki alat pedeteksi gempa," tandasnya.

Penulis: heru
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved