Bupati Romi Ingin Usulan 6 Kelurahan Jadi Desa Dibatalkan

Usulan perubahan status enam kelurahan menjadi desa di Tanjab Timur harus ditunda bahkan terancam batal.

Bupati Romi Ingin Usulan 6 Kelurahan Jadi Desa Dibatalkan
tribunjambi/Abdullah Usman
Bupati Romi ingin agar Jembatan Muara Sabak dihibahkan ke Pemprov Jambi. 

Bupati Romi Ingin Usulan 6 Kelurahan Jadi Desa Dibatalkan

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Wacana Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur  mengusulkan perubahan status enam kelurahan menjadi desa harus ditunda bahkan terancam batal.

Hal tersebut disampaikan Bupati Tanjung Jabung Timur H. Romi Hariyanto, usai menghadiri paripurna DPRD. Ia  melihat komposisi yang sekarang, perubahan status kelurahan yang diusulkan menjadi desa menurutnya tidak relevan lagi.

Pasalnya, saat ini kelurahan sudah mendapatkan bantuan dana dari Pemerintah Pusat. Dengan begitu, Bupati merasa perubahan status kelurahan itu tidak perlu lagi.

"Sebenarnya tujuan pengalihan tersebut agar kelurahan juga bisa mendapatkan suntikan dana seperti desa, namun sekarang kelurahan juga sudah dapat dana dari pusat jadi perubahan status tadi terpaksa tertunda," ujar Bupati Romi.

Baca: Kekurangan Staf, Pemkab Merangin Positif Buka Rekrutmen CPNS 2019, Usulkan 280 Formasi

Baca: Baliho Cek Endra Mulai Bermunculan di Jalan Sarolangun

Baca: Rawan Gempa, BPBD Kerinci Minta Dipasang Alat Pendeteksi Gempa Bumi

Baca: Malam Ini, Al Haris Tampil di Talkshow Indonesia Bicara TVRI Nasional

"Awalnya kita semangat, karena kita berupaya agar kelurahan ini mendapatkan suntikan dana dari pusat. Makanya kita berusaha untuk mengalihkan status kelurahan menjadi desa. Mundur memang," sebutnya.

Lebih lanjut bupati menyarankan, enam kelurahan yang diusulkan perubahan status agar dibatalkan. Karena seperti diketahui, bahwa jika kelurahan tersebut diubah statusnya menjadi desa, maka itu mundur.

"Kalau pihak DPRD kan mintanya ditunda. Tapi kalau saran saya ke depan dibatalkan saja," ucapnya.

Sebelumnya, proses persyaratan perubahan enam kelurahan menjadi desa tinggal menunggu penetapan batas wilayah. Saat ini baru 3 kelurahan yang sudah diperjelas batas wilayahnya, yakni Kelurahan Kampung Laut dan Tanjung Solok, Kecamatan Kuala Jambi serta Kelurahan Bandar Jaya, Kecamatan Rantau Rasau.

"Penetapan batas wilayah kelurahan ini dilakukan secara bertahap. Pada tahun 2018 3 kelurahan sudah diperjelas batasnya," kata Hendry, Sekretaris Pemdes.

Penulis: Abdullah Usman
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved