TRIBUN WIKI

Siapa Sebenarnya Habiburokhman Utusan Prabowo Saat Penetapan Capres, Pernah Janji Terjun Dari Monas

Politisi Partai Gerindra Habiburokhman mendapat pujian dan apresiasi saat menghadiri penetapan pasangan presiden dan wakil presiden terpilih Jokowi-Ma

Siapa Sebenarnya Habiburokhman Utusan Prabowo Saat Penetapan Capres, Pernah Janji Terjun Dari Monas
Tribunnews.com/Danang Triatmojo
Habiburokhman 

TRIBUNJAMBI.COM-  Politisi Partai Gerindra Habiburokhman mendapat pujian dan apresiasi saat menghadiri penetapan pasangan presiden dan wakil presiden terpilih Jokowi-Maruf di KPU RI.

Usai mendapat salinan dari KPU, Habiburokhman langsung menyalami Jokowi dan mencium tangan Maruf Amin. 

Nama Habiburokhman ternyata bukan baru-baru ini saja muncul, namun jauh sebelum gelaran Pilpres 2019

Dikutip dari webnya habiburokhman.com, Habiburokhman sering menggugat pemerintah. Di antaranya adalah gugatan class action kenaikan BBM di era Mega-Hamzah, gugatan terkait pembangunan Gedung DPR.

Habiburokhman juga pernah mengajukan judicial review UU KPK ke MK.

Baca: Banjir Pujian, Politisi Gerindra Habiburokhman Ucapkan Selamat Pada Jokowi & Cium Tangan Maruf Amin

Baca: Video Penjelasan Sandiaga Uno, Apakah Akan Berada Dalam Koalisi Jokowi-Maruf Atau Tidak

Baca: Kriteria Calon Menteri Jokowi Bidang Ekonomi hingga Daftar Calon Menteri, Tokoh Baru Naik Daun

Habiburokhman merupakan lulusan Universitas Lampung ini juga pernah menggugat presiden dan PT Freeport Indonesia lewat gugatan citizen lawsuit ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat terkait tragedi terowongan longsor  di Tembagapura, Papua, pada 2013 lalu.

Lulusan S1 Hukum Ekonomi Universitas Lampung dan S2 Hukum Bisnis Universitas Indonesia ini juga menjadi konsultan hukum belasan perusahaan asing yang berinvestasi di Indonesia. Ia tak melulu menangani perkara-perkara bisnis, ia juga kerap menangani perkara-perkara lain dengan tingkat kesulitan tinggi.

Ia pernah menjadi kuasa hukum Ahmad Djunaedi (Dirut PT Jamsostek), ECW Neloe (Dirut Bank Mandiri), Omay K Wiraatmaja (Dirut Pupuk Kaltim), Abdillah (Walikota Medan) di Pengadilan tindak Pidana Korupsi.

Di bidang hukum politik, Habiburokhman pernah tercatat sebagai pengacara pasangan Gus Irawan-Soekirman dalam sengketa pemilihan Gubernur Sumut. Habiburokhman adalah Ketua Tim Advokasi Jakarta Baru yang merupakan Tim Advokasi pasangan Jokowi - Basuki Tjahaja Purnama pada Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2012. Pada Pilpres 2014, ia menjadi Koordinator Tim Advokasi Prabowo - Hatta.

Habiburokhman juga pernah meminta uji materi Pasal 51 ayat (1) huruf k UU No.8 Tahun 2012 tentang Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD, DPRD (Pemilu Legislatif). Selain itu, Perppu No.1 Tahun 2013 tentang MK juga pernah menjadi objek yang digugat oleh Habiburokhman.

Anggota tim hukum Prabowo-Hatta, Habiburokhman
Anggota tim hukum Prabowo-Hatta, Habiburokhman (KOMPAS.com/Indra Akuntono)
Halaman
12
Penulis: andika arnoldy
Editor: andika arnoldy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved