Inflasi Jambi 1,02 Persen, Cabai Merah Beri Sumbangan Terbesar

Pada bulan Juni 2019 Kota Jambi mengalami inflasi sebesar 1,02 persen dan Indeks Harga Konsumen (IHK) Kota Jambi sebesar 136,65.

Inflasi Jambi 1,02 Persen, Cabai Merah Beri Sumbangan Terbesar
Tribunjambi/Fitri Amalia
Dadang Hardiwan, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi. 

Inflasi Jambi 1,02 Persen, Cabai Merah Beri Sumbangan Terbesar

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pada bulan Juni 2019 Kota Jambi mengalami inflasi sebesar 1,02 persen dan Indeks Harga Konsumen (IHK) Kota Jambi sebesar 136,65. Laju inflasi tahun kalender Juni 2019 Kota Jambi yaitu sebesar 1,55 persen. Inflasi di Kota Jambi terjadi karena adanya kenaikan indeks harga pada enam kelompok pengeluaran.

"Enam kelompok pengeluaran yakni kelompok bahan makanan sebesar 4,07 persen, kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau sebesar 0,20 persen, kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar sebesar 0,05 persen, kelompok sandang sebesar 0,59 persen, kelompok kesehatan sebesar 0,04 persen, serta kelompok transpor, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 0,02 persen," jelas Dadang Hardiwan, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi, Senin (1/7).

Dadang mengatakan, dalam pembentukan inflasi Kota Jambi sebesar 1,02 persen, andil terbesar adalah dari kelompok bahan makanan sebesar 0,9296 persen, kelompok sandang sebesar 0,0371 persen, serta kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau sebesar 0,0348.

Baca: Ini Alasan Bupati Romi Ingin Jembatan Muara Sabak Dihibahkan ke Provinsi Jambi

Baca: Hari Pertama PPDB, Banyak Orangtua di Bungo Tak Paham Sistem Zonasi

Baca: DPRD Tanjab Timur Gelar Paripurna Kata Akhir Fraksi Terkait Pembahasan Ranperda

Baca: Fachrori Umar Belum Putuskan Maju di Pilgub Jambi

Baca: Dua Tilawah Terbaik Muarojambi Dikirim ke Pontianak, Ini Harapan Besar Bupati Masnah

Komoditas utama yang memberikan andil terhadap terjadinya inflasi Kota Jambi Bulan Juni 2019 antara lain adalah cabai merah, nila, bayam, ketimun, tomat sayur, kangkung, kacang panjang, emas perhiasan, patin, dan kentang.

"Kelompok bahan makanan pada Bulan Juni 2019 mengalami inflasi sebesar 4,07 persen atau terjadi kenaikan indeks harga dari 129,11 pada Mei menjadi 134,36 pada Juni 2019," ujarnya.

Dari sebelas subkelompok, inflasi terjadi pada sembilan subkelompok, yaitu subkelompok daging dan hasil hasilnya sebesar 0,16 persen, subkelompok ikan segar sebesar 5,89 persen, subkelompok ikan yang diawetkan sebesar 0,96 persen, subkelompok sayur-sayuran sebesar 12,75 persen, subkelompok kacang-kacangan sebesar 0,12 persen, subkelompok buah-buahan sebesar 2,22 persen, subkelompok bumbu-bumbuan sebesar 14,95 persen subkelompok lemak dan minyak sebesar 0,03 persen serta subkelompok bahan makanan lainnya sebesar 0,16 persen.

"Sedangkan deflasi terjadi pada subkelompok padi-padian, umbi-umbian dan hasilnya sebesar 0,03 persen serta subkelompok telur, susu dan hasil-hasilnya sebesar 0,10 persen," kata Dadang.

Kelompok bahan makanan pada Juni 2019 secara keseluruhan memberikan sumbangan inflasi sebesar 0,9296 persen. Komoditas yang dominan memberikan sumbangan inflasi yang paling besar pada kelompok ini cabai merah.

Selain Kota Jambi, Muara Bungo juga mengalami inflasi sebesar 1,03 persen dan Indeks Harga Konsumen (IHK) Kota Muara Bungo tercatat sebesar 137,54.

Inflasi di Kota Muara Bungo terjadi karena adanya kenaikan indeks harga pada enam kelompok pengeluaran yaitu kelompok bahan makanan sebesar 3,68 persen, kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0,09 persen, kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar sebesar 0,05 persen, kelompok sandang sebesar 0,33 persen, kelompok pendidikan, rekreasi, dan olahraga sebesar 0,05 persen, serta kelompok transpor, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,19 persen.

Baca: Bocah 10 Tahun di Bungo Tewas Tenggelam di Galian C, Pemilik Kena Sanksi Adat

Baca: Dugaan Korupsi Dana Hibah, Pejabat PU dan BPBD Kerinci Diperiksa Kejari Sungai Penuh

Baca: Gandeng BNN, Pemkab Muarojambi Rencanakan Tes Urine Dadakan di Sekolah

Baca: Hilal Resmi Nahkodai DPC PDIP Sarolangun

Baca: 50 Lapak Pedagang Pasar Parit Satu Lama Dibongkar, Petugas: Mau Pindah ke Pasar atau ke Rumah

Dadang menambahkan, pengaruh inflasi di Kota Jambi dan Muara Bungo di bulan Juni ini masih terpengaruh pada hari raya lebaran.

"Baik Jambi dan Muara Bungo penyumbang terbesar pada bahan makanan, yang lain memang inflasinya tidak begitu besar tapi tetap ada pengaruhnya, tapi yang menjadi catatan untuk bulan Juni, cabai merah yang agak dominan dan kita tau bersama pada bulan Juni minggu minggu terakhir bulan puasa dan biasanya terjadi peningkatan permintaan barang, bukan hanya cabai merah tapi sayur sayuran juga terjadi peningkatan permintaan makanya itu salah satu yang mempengaruhi inflasi di bulan Juni walau memang pada bulan Mei jga mengalami inflasi, dan dibulan Mei jga dipengaruhi bahan makanan karena sebelum bulan puasa permintaan bahan makanan meningkat," jelasnya.

Laju inflasi Kota Jambi tahun kalender 2019 sebesar 1,55 persen. Besarnya laju inflasi “year on year” untuk Juni 2019 terhadap Juni 2018 sebesar 2,34 persen. Jika dibandingkan inflasi antar kota IHK se-Sumatera pada bulan Juni 2019 Kota Jambi dan Kota Muara Bungo berada pada urutan ke-9 dan ke-8 se-Sumatera.

Penulis: fitri
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved