7 Hari Lagi, Parpol Masih Godok Nama Calon Pendamping Fachrori Umar

Pembahasan mengenai calon wakil gubernur yang akan mendampingi Fachrori Umar masih terus digodok oleh partai pengusung.

7 Hari Lagi, Parpol Masih Godok Nama Calon Pendamping Fachrori Umar

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pembahasan mengenai calon wakil gubernur (Cawagub) yang akan mendampingi Fachrori Umar disisa masa jabatan masih terus digodok oleh partai pengusung.

Hingga hari ini belum ada dua nama calon yang ajukan oleh Parpol pengusung.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi Supardi Nurzain mengatakan, itu tergantung parpol karena sampai dengan sekarang belum ada nama yang disampaikan.

"Kita menyesuaikan saja nanti, kan bola di parpol ni, mereka sepakat nggak," katanya saat diwawancarai usai memimpin rapat paripurna, Senin (1/7/2019).

Apabila dua nama Cawagub sudah ada dari kesepakatan antar parpol dan lalu disampaikan, maka kata Supardi, tentu DPRD Provinsi Jambi dapat menindaklanjutinya sesuai dengan tatib.

"Kuncinya kesepakatan di antara 5 parpol itu, kalau nggak sepakat ya nggak bisa," terangnya.

Baca: Fachrori Umar Belum Putuskan Maju di Pilgub Jambi

Baca: Kuli Bangunan Gasak Barang Saat Rumah Kosong, Curi Kalung Berlian dan Jam Tangan Rolex

Baca: BKD Jambi Kirimkan Usulan Formasi CPNS 2019 ke Kemenpan, Segini Jumlahnya

Baca: Sakit Hati Diputus Pacar, Pemuda Ini Nekat Sebar Foto Bugilnya Bareng Kekasih

Sementara itu Ketua tim seleksi Cawagub Provinsi Jambi Nasri Umar mengatakan untuk nama yang bakal diajukan pihaknya masih akan menunggu sampai dengan tanggal 7 Juli 2019 pekan depan.

Artinya, jadwal diundur seminggu lagi dari yang seharusnya yakni 1 Juli ini. "Sekarang belum ada. Dan kita deadline tanggal 7 sampai 8 Juli nanti (untuk nama yang diajukan, red), jelasnya.

Sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, Nasri menyebut pada tanggal 8 Juli nanti, Gubernur menyampaikan 2 nama Cawagub kepada pimpinan DPRD. Lalu ditanggal 9 nya verifikasi 2 nama Cawagub tersebut.

"Kemudian di tanggal 15 Juli, penyusunan berita acara hasil verifikasi kepada Gubernur dan pimpinan parpol pengusung yang akan disampaikan dalam forum rapat paripurna tanggal 17 Juli mendatang," terangnya.

Diketahui, ada beberapa dokumen persyaratan/pencalonan dan bentuk keputusan DPRD dalam pemilihan Wakil Gubernur Jambi sisa masa jabatan periode 2016-2021. Seperti syarat calon, model A.1-DPRD adalah surat pernyataan bakal Cawagub sisa jabatan periode 2016-2021.

Untuk model A.2-DPRD, melampirkan daftar riwayat hidup bakal Cawagub Jambi sisa masa jabatan periode 2016-2021. Sedangkan model A.3-DPRD, adanya pernyatakan krsesuaian visi, misi dan program kerja bakal Cawagub dengan visi, misi dan program kerja Gubernur Jambi periode 2016-2021.

Selanjutnya, untuk syarat pencalonan dari Parpol pengusung dengan model B-DPRD-Parpol yakni surat pencalonan Cawagub Jambi sisa masa jabatan 2016-2021. Model B.1-DPRD-Parpol adanya keputusan dewan pimpinan pusat parpol pengusung tentang persetujuan Cawagub Jambi.

Baca: Hore Gaji ke 13 Segera Cair, Pemerintah Merangin Siapkan Rp 25 Miliar

Baca: Ketemu Mahasiswa Asal Malaysia, dan Brunei Darussalam, Bupati Kenalkan Wisata Alam Bungo

Baca: Hari Pertama PPDB, Banyak Orangtua di Bungo Tak Paham Sistem Zonasi

Baca: Ini Alasan Bupati Romi Ingin Jembatan Muara Sabak Dihibahkan ke Provinsi Jambi

Model B.2-DPRD-Parpol melampirkan surat pernyataan kesepakatan gabungan parpol pengusung dalam pencalonan wakil Gubernur Jambi. Dan untuk model B. 3-DPRD-Parpol, adanya pernyataan kesepakatan antara gabungan parpol pengusung dengan Cawagub.

Penulis: Zulkifli
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved