Hasil Pilkada dan Pemilu Serentak Jadi Evaluasi Pengurus PDIP Jambi

Evaluasi kepengurusan akan menyertai pelaksanaan Konferda dan Konfercab PDIP Provinsi Jambi.

Hasil Pilkada dan Pemilu Serentak Menjadi Rujukan Evaluasi Pengurus PDIP Jambi

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Evaluasi kepengurusan akan menyertai pelaksanaan Konferda dan Konfercab PDIP Provinsi Jambi.

Pelaksanaan Konferensi Daerah dan Konferensi Cabang PDIP di Provinsi Jambi akan dilakukan pada 30 Juni 2019 mendatang. Seluruh kepengurusan akan berakhir dan berganti pada kepengurusan yang baru pada hari itu.

Pergantian kepengurusan dan kepemimpinan di DPD dan DPC PDIP erat kaitannya dengan keberhasilan partai pada Pilkada dan Pemilu serentak.

"Bahan evaluasi DPP kepada DPD dan DPC lebih kurang terkait prestasi pada Pilkada 2015, 2017 dan 2018 serta pemilu serentak 2019," kata Akmaluddin, wakil sekretaris DPD PDIP Provinsi Jambi, Jumat (28/6/2019).

Baca: Edi Purwanto Ditantang Ihsan Yunus dan Dua Ketua DPC PDIP di Jambi

Baca: 9 Kader PDIP Berebut Kursi DPD Jambi, Diyakini Bakal Panas

Baca: Gramedia Exhibition 2019 di Mall WTC Batanghari, Banyak Buku Best Seller

Baca: Grand Club Mendadak Senyap Saat Polresta Jambi Lakukan Operasi Pekat

Baca: KPU Bungo akan Gelar Pleno Penetapan Caleg Terpilih, Ini Waktunya

Selain itu ada bahan evaluasi lain seperti kepatuhan dan kemampuan pengurus dalam melaksanakan tugas partai di daerah. Sehingga, banyak bahan yang bisa jadikan evaluasi pihak DPP dalam menilai kepengurusan dan kepemimpinan periode sebelumnya.

"Bila pada Pemilu serentak ini ada kepengurusan yang tidak mencapai target partai tentang kursi di dewan tentu akan dievaluasi, apakah layak diganti atau hanya diperbaiki. Semua kebijakan DPP," terang Akmal.

Bagi partai yang menganut demokrasi terpimpin. Maka pemilihan selanjutnya akan diputuskan oleh DPP. Sementara penjaringan tetap dilakukan di tingkat bawah.

Dan hasil evaluasi serta penilaian dan keputusan DPP PDIP tersebut akan diberikan pada pelaksanaan Konfercab dan Konferda pada 30 Juni 2019 mendatang.

Untuk Konferda dan Konfercab ini sendiri setahun lebih cepat dari periodesasi jabatan seharusnya. Hal itu dikatakan Akmal karena agenda Kongres yang juga dipercepat.

Penulis: dunan
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved