Campus Zone

TRIBUNWIKI: Mengenal WAPALSTIE, UKM Pecinta Alam STIE Sakti Alam Kerinci, Kerap Ekspedisi Hutan

Wahana Pecinta Alam Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sakti Alam Kerinci (WAPALSTIE) merupakan salah satu UKM yang ada di STIE Sakti Alam Kerinci

TRIBUNWIKI: Mengenal WAPALSTIE, UKM Pecinta Alam STIE Sakti Alam Kerinci, Kerap Ekspedisi Hutan
IST
Wahana Pecinta Alam Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sakti Alam Kerinci (WAPALSTIE) merupakan salah satu UKM yang ada di STIE Sakti Alam Kerinci. 

TRIBUNWIKI: Mengenal WAPALSTIE, UKM Pecinta Alam STIE Sakti Alam Kerinci, Kerap Ekspedisi Hutan  

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Wahana Pecinta Alam Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sakti Alam Kerinci (WAPALSTIE) merupakan salah satu UKM yang ada di STIE Sakti Alam Kerinci.

Meski baru berdiri sejak 16 April 2016 UKM ini telah melakukan beragam kegiatan yang menyangkut tentang alam.

Ketua WAPALSTIE, Gigo Lilza mengatakan kegiatan unggulan dari WAPALSTIE yaitu ekspedisi gunung hutan, seperti menjelajah objek wisata alam yang ada di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh, bahkan diluar daerah.

“Ekspedisi ini sekaligus membersihkan jalur dan area objek wisata tersebut dari sampah-sampah yang dibawa oleh pengunjung lainnya,” ungkapnya, Rabu (26/6/2019).

Baca: Pihak 02 Persilahkan Tim Jokowi-Maruf Laporkan Saksi Hairul Anas dan Beti Kristina Jelang Putusan MK

Baca: Video Viral, Emak-emak Joget Sambil Acungkan Senapan di Bungo Jambi, Ini Fakta Sebenarnya

Baca: Puput Nastiti Devi sudah Tekdung? Mengapa Ayahnya Sampai Tak Tahu Kondisinya Kini

Kegiatan lainnya dari WAPALSTIE yaitu explore wisata alam baru yang belum banyak diketahui oleh masyarakat seperti memasang penunjuk arah ke tempat tersebut kemudian mempromosikannya lewat media sosial.

Satu diantara kegiatan Wahana Pecinta Alam Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sakti Alam Kerinci (WAPALSTIE) yang merupakan salah satu UKM yang ada di STIE Sakti Alam Kerinci
Satu diantara kegiatan Wahana Pecinta Alam Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sakti Alam Kerinci (WAPALSTIE) yang merupakan salah satu UKM yang ada di STIE Sakti Alam Kerinci (IST)

Kegiatan lainnya yaitu mengikuti latihan dasar dan gabungan bersama Basarnas, BNPB dan FAJI Cabang Kerinci.

Di WAPALSTIE sendiri ada beberapa divisi yang bisa diikuti, seperti gunung hutan (ekspedisi, survival, dan lainnya), panjat tebing, arung jeram, susur goa, dan paralayang.

Namun dengan keterbatasan peralatan dan perlengkapan, WAPALSTIE hanya aktif di beberapa divisi saja.

“Kami berharap perhatian dari pemerintah setempat untuk dapat memfasilitasi kegiatan dari beberapa divisi seperti susur goa dan paralayang agar generasi milenial dan para pecinta kegiatan outdoor khususnya dapat menyalurkan hobi dan bakat mereka dalam kegiatan tersebut,” ujarnya.

Jumlah anggota WAPALSTIE saat ini kurang lebih 40 orang, dimulai dari angkatan pertama hingga angkatan baru yaitu angkatan ke empat dengan status aktif dan pasif.

Adapun cara menjadi anggota ada beberapa tahap, seperti melengkapi syarat administrasi, tes fisik, Diklatsar yang merupakan langkah awal untuk menjadi anggota dimana para peserta dinamakan Calon Anggota (CA) Diklatsar ini berlangsung selama 3 hari 2 malam.

Mengikuti Pengukuhan Anggota yang merupakan langkah terakhir untuk menjadi Anggota WAPALSTIE dari sebelumnya Calon Anggota (CA) menjadi Anggota Muda (AM).

“Setelah memenuhi syarat-syarat tersebut diatas, para peserta yang lolos menjadi Anggota Muda (AM) akan dikembalikan ke kampus untuk dilantik secara resmi oleh Ketua STIE Sakti Alam Kerinci,” pungkasnya. (Tribunjambi/Nurlailis)

Baca: Tergiur Uang dan Emas, Mon Dibawa ke China Hingga Mendapat Siksaan dan Penganiayaan

Baca: Ingat Very AFI yang Juara 1 Akademi Fantasi? Kondisinya 15 Tahun Setelah Juara Jualan Nasi Liwet

Baca: Serasa di Eropa Potret Salju di Dieng yang Suhunya di Bawah 15 Derajat Celcius, BMKG Ungkap Sebabnya

Penulis: Nurlailis
Editor: bandot
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved