Berita Provinsi Jambi

Pemerintah Provinsi Jambi dan DPRD Usulkan Tujuh Ranperda, Ini Rinciannya

Pemerintah Provinsi Jambi dan DPRD Usulkan Tujuh Ranperda, Ini Rinciannya

Pemerintah Provinsi Jambi dan DPRD Usulkan Tujuh Ranperda, Ini Rinciannya
Tribunjambi/Zulkifli
Pemerintah Provinsi Jambi dan DPRD Usulkan Tujuh Ranperda, Ini Rinciannya 

Pemerintah Provinsi Jambi dan DPRD Usulkan Tujuh Ranperda, Ini Rinciannya

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Tujuh Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) disampaikan Pemprov Jambi dan DPRD Provinsi Jambi, dalam rapat Paripurna DPRD Provinsi Jambi, yang digelar Selasa (25/6/2019).

Ranperda yang disampaikan tersebut, dua dari Pemerintah Provinsi Jambi dan lima diantaranya usul inisiatif DPRD Provinsi Jambi.

Juru bicara DPRD Provinsi Jambi H Mauli Pulungan dalam sidang peripurna menyampaikan, kelima Ranperda usul inisiatif DPRD Provinsi Jambi tersebut adalah Ranperda tentang Penyelenggaraan Ketentraman, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat.

Baca: Sah Jadi Perda, DPRD Provinsi Jambi, Setujui Ranperda Penyelenggaraan Perempuan dan Anak

Baca: Konsultasi dengan Pemprov, Tahapan Pilkades Serentak Ratusan Desa di Kerinci Dimulai

Baca: Terungkap, Mungkin Terbesar di Indonesia, Gunung Masurai di Merangin, Jambi, Ternyata Punya Kaldera

Ranperda tentang kawasan pertanian pangan berkelanjutan. Ranperda tentang pembangunan dan pengembangan perumahan dan kawasan pemukiman (RP3KP).

Ranperda tentang penyelenggaraan kesejahteraan lanjut usia. Serta Rabperda tentang tata cara penyusunan program pembentukan peraturan daerah Provinsi Jambi. 

Sementara itu, Sekertaris Daerah Provinsi Jambi M Dianto mewakili Gubernur Jambi dalam sidang paripurna menyampaikan nota pengantar dua rancangan peraturan daerah Provinsi Jambi tahun 2019.

Baca: Lihat Gelagat Mencurigakan, 4 Remaja di Sarolangun Diamankan Warga, Ternyata Ini yang Dilakukan

Baca: BJ Habibie Dapat Kejutan di Ultah ke 83, Bongkar Kenangan Dilarang Presiden Soekarno Pulang

Baca: Daftar Harga HP Samsung Terbaru 25 Juni 2019, Ada yang Turun, Simak agar Tak Terkecoh Harga Mahal

Kedua Ranperda tersebut adalah Ranperda tentang rencana umum energi daerah dan Ranperda tentang rencana Zonasi wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil di Provinsi Jambi. 

"Ini terkait dengan kebutuhan kita. Rencana umum energi daerah itu harus kita susun secara terencana. Karena menurut yang kita alami saat ini," sebut Dianto.

"Hasil produksi migas itu setiap tahunya terjadi penurunan, sementara kebutuhan kita setiap tahunya terjadi peningkatan. Oleh karena itu upaya kita di daerah bagaiman mencari solusi dan pemecahan dalam rangka pemenuhan kebutuham masyarakat akan Migas," jelas M Dianto, menambahkan. 

Sementara itu, terkait Ranperda tentang Rencana Zonasi wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil di Provinsi Jambi, Sekda menyampaikan bahwa dua kabupaten di Provinsi Jambi memiliki wilayah pesisir yang potensial dan harus dibuat perencanaan yang matang agar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.  

"Ini kita usulkan, mudah-mudahan dalam waktu yang tidak lama kita mempunyai Perda yang cukup membantu masyarakat kita dan bisa mensejahterakan masyarakat, kalau perda yang kita rancang dan usulkan ini disahkan dewan," jelas M Dianto.  

Pemerintah Provinsi Jambi dan DPRD Usulkan Tujuh Ranperda, Ini Rinciannya (Zulkifli/Tribun Jambi)

Penulis: Zulkifli
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved