Kisah Militer

Bak Film Lone Survivor, Prajurit Kopassus Ini Bertahan Hidup Meski Diberondong Peluru dan Dikepung

Prajurit Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD) yang sekarang bernama Kopassus ini juga pernah mengalami pengalaman yang sama

Bak Film Lone Survivor, Prajurit Kopassus Ini Bertahan Hidup Meski Diberondong Peluru dan Dikepung
Kompas.com
Kolonel Inf. Agus Hernoto 

TRIBUNJAMBI.COM - Pernah nonton film Lone Survivor? film yang dibintangi Mark Wahlberg ini menceritakan perjuangan prajurit Navy Seal Marcus Luttrell yang selamat saat menjalankan misi berbahaya di belakang garis pertahanan kelompok Taliban.

Dari empat anggota Navy Seal yang diturunkan pada misi yang diberi kode Operation Red Wing ini hanya Marcus Luttrell yang selamat, sementara tiga orang rekannya tewas dihujani peluru kelompok Taliban.

Kisah tentara yang sendirian selamat pada operasi militer berbahaya tersebut rupanya tak hanya dialami oleh Marcus Luttrell prajurit pasukan khusus Amerika Serikat Navy Seal.

Prajurit Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD) yang sekarang bernama Kopassus ini juga pernah mengalami pengalaman yang sama.

Nama prajurit tersebut adalah Agus Hernoto, ya satu diantara legenda Kopassus ini bertahan hidup sendirian di tengah kawan-kawannya yang telah gugur pada saat pertempuran di belantara Irian Barat.

Saat Presiden Soekarno menggelorakan Operasi Trikora untuk merebut wilayah Irian Barat dari tangan Belanda, pasukan Kopassus menjadi satu diantara yang diterjunkan di sana.

Satu diantara cerita kepahlawanan Kopassus yang bisa diteladani generasi muda yakni perjuangan Agus Hernoto.

Baca: Seorang Diri, Pratu Suparlan Anggota Kopassus Habisi Ratusan Fretilin di Timor Timur

Baca: TIDAK Lulus Kopassus, 3.900 Prajurit Marah Ada yang Lepaskan Tembakan: Sintong Minta PM Mengatasi

Agus Hermoto Prajurit Kopassus Penyandang 'Bintang Sakti' penghargaan tertinggi yang diberikan negara untuk para prajurit pemberani.

Keteguhan hati prajurit Kopassus tetap bungkam meski disandera oleh musuh, telah ditunjukan oleh Agus Hermoto

Nama Kolonel Agus Hernoto menjadi legenda dalam deretan misi prajurit Kopassus.

Anggota Kopassus TNI AD meneriakkan yel-yel usai peringatan HUT TNI ke-67 di Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur, Jumat (5/10/2012). Peringatan HUT TNI tersebut bertema Dilandasi Profesionalisme, Semangat Juang dan Soliditas TNI Bersama Segenap Komponen Bangsa Siap Menjaga Kedaulatan dan Keutuhan Wilayah NKRI. TRIBUNNEWS/HERUDIN
Anggota Kopassus TNI AD meneriakkan yel-yel usai peringatan HUT TNI ke-67 di Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur, Jumat (5/10/2012). Peringatan HUT TNI tersebut bertema Dilandasi Profesionalisme, Semangat Juang dan Soliditas TNI Bersama Segenap Komponen Bangsa Siap Menjaga Kedaulatan dan Keutuhan Wilayah NKRI. TRIBUNNEWS/HERUDIN (TRIBUNNEWS/HERUDIN)
Halaman
1234
Editor: bandot
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved