Identitas 3 Warga Rusia dan 1 Pria Ukraina yang Jadi Tersangka Penembakan Malaysia Airlines MH17

Penyelidik internasional mengungkap indentitas empat tersangka penembak jatuh pesawat Malaysia Airlines MH17 pada 2014 yang menewaskan 298 orang.

Identitas 3 Warga Rusia dan 1 Pria Ukraina yang Jadi Tersangka Penembakan Malaysia Airlines MH17
(AFP / JOHN THYS)
Ketua Jaksa Penuntut Umum Kantor Kejaksaan Nasional Belanda Fred Westerbeke menyampaikan penjelasan mengenai tersangka yang bertanggung jawab atas penembakan Malaysia Airlines MH17 pada 2014, saat konferensi pers Tim Investigasi Gabungan di Nieuwegein, Rabu (19/6/2019). 

Identitas 3 Warga Rusia dan 1 Pria Ukraina yang Jadi Tersangka Penembakan Malaysia Airlines MH17

TRIBUNJAMBI.COM, AMSTERDAM - Penyelidik internasional mengungkap indentitas empat tersangka penembak jatuh pesawat Malaysia Airlines MH17 pada 2014 yang menewaskan 298 orang.

Tim yang dipimpin Belanda mengatakan akan menuntut tiga warga negara Rusia, yakni Igor Girkin, Sergey Dubinskiy, dan Oleg Pulatov, seorang pria Ukraina bernama Leonid Kharchenko dengan pasal pembunuhan.

"Hari ini kami akan mengirimkan surat perintah penangkapan internasional untuk para tersangka pertama yang akan kami tuntut."

"Mereka juga akan dimasukkan ke dalam daftar orang yang dicari secara nasional dan internasional," kata Wilbert Paulissen, kepala polisi dari Kepolisian Nasional Belanda, saat konferensi pers, Rabu (19/6/2019).

Baca: Bukti Baru Putra Mahkota Saudi MBS Terlibat Pembunuhan Jamal Khashoggi

Baca: Siapa Sebenarnya Vicy Melanie? Cewek Seksi yang Dampingi Kevin Aprilio saat Utang Rp 17 Miliar

Baca: Sempat Kabur, Kelakuan Kevin Aprilio Diungkap Widy Vierratale, Ternyata Honor dan Solonya Dipersulit

Dilansir AFP, kerabat para korban mengatakan jika mereka telah diberitahu bahwa proses pengadilan para tersangka akan dimulai pada Maret 2020, meski kemungkinan mereka akan diadili secara in absentia karena Rusia tidak mengekstradisi warganya untuk penuntutan.

Rusia telah dengan tegas membantah semua tuduhan keterlibatannya dalam insiden penembakan jatuh MH17, sementara salah satu tersangka, Girkin mengatakan jika separatis Ukraina juga tidak terlibat.

Pesawat Malaysia Airlines MH17 yang jatuh pada Juli 2014 menewaskan seluruh 298 penumpang dan awaknya.
Pesawat Malaysia Airlines MH17 yang jatuh pada Juli 2014 menewaskan seluruh 298 penumpang dan awaknya. (BBC)

Jaksa penuntut Belanda, Fred Westerbeke, mengatakan para tersangka bertanggung jawab karena mereka adalah yang membawa senjata mematikan, kendaraan sistem peluncur rudal BUK Telar, ke Ukraina timur.

Tim investigasi yang sama sempat mengatakan pada Mei 2018 bahwa rudal anti-pesawat BUK yang menghantam pesawat Boeing 777 berasal dari Brigade Militer Rusia ke-53, yang berbasis di kota Kursk.

Pesawat yang melakukan penerbangan dari Amsterdam ke Kuala Lumpur itu hancur berkeping-keping setelah dihantam rudal di atas wilayah udara Ukraina timur yang dikendalikan oleh separatis pro-Rusia, pada 17 Juli 2014.

Halaman
12
Editor: suci
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved