Begini Progres Monev Percepatan Penyaluran Dana Desa Tahap II Tahun 2019 di Riau

Tim Monev dari unsur KN-P3MD, Arwani, melakukan monev ke Provinsi Riau, khususnya Kabupaten Kepulauan Meranti pada 12-16 Juni 2019.

Begini Progres Monev Percepatan Penyaluran Dana Desa Tahap II Tahun 2019 di Riau
Istimewa
Tim Monev dari unsur KN-P3MD, Arwani, melakukan monev Dana Desa ke Provinsi Riau, khususnya Kabupaten Kepulauan Meranti pada 12-16 Juni 2019. 

Begini Progres Monev Percepatan Penyaluran Dana Desa Tahap II Tahun 2019 di Riau

TRIBUNJAMBI.COM - Sesuai kebijakan Ditjen PPMD Kemendes PDTT terkait penugasan Tim Monev Terpadu, percepatan penyaluran Dana Desa tahap II Tahun 2019 dilakukan dari Rekening Kas Umum Negara ke Rekening Kas Umum Daerah.

Tim Monev dari unsur KN-P3MD, Arwani, melakukan monev ke Provinsi Riau, khususnya Kabupaten Kepulauan Meranti pada 12-16 Juni 2019.

Hasil monev terhadap masalah tersebut secara umum, menurutnya pemda sangat responsif sehingga di sisa waktu dua minggu ini dinilai masih dapat terkejar sesuai target penyaluran yang diamanatkan oleh PMK Nomor 193 Tahun 2018, yakni minggu keempat Juni ini.

Dalam rilis yang dikirimkan ke Tribunjambi.com pada Senin 17/06/2019), Koordinator Program Regional 1 KN-P3MD, Arwani, yang didampingi Koordinator Program Provinsi Riau, Dodi dan TA Managemen Data, Adi, mengatakan ada 10 kabupaten yang ada di Provinsi Riau.

fsf ssfsdfs
Tim Monev dari unsur KN-P3MD, Arwani, melakukan monev ke Provinsi Riau, khususnya Kabupaten Kepulauan Meranti pada 12-16 Juni 2019. (Istimewa)

Persyaratan penyaluran Dana Desa Tahap II TA 2019 sebagaimana tertuang dalam Pasal 21 Ayat (1) jo Ayat 5 PMK 193/2018, yakni Laporan Realisasi Penyaluran Dana Desa Tahun Anggaran sebelumnya (2018) minimal 75% yang diterima di RKUD dan Laporan Konsolidasi Realisasi Penyerapan dan Capaian Output Dana Desa Tahun sebelumnya (2018) sebesar 50 % yang diterima di RKUD di Provinsi Riau, diyakini telah terpenuhi dan nantinya dapat tersalurkan sesuai target.

"Pendamping Desa di semua level siap fasilitasi dan membantu Pemerintah demi percepatan penyaluran Dana Desa tahap II yang menjadi hak masyarakat desa," ujarnya.

Terkait hasil monev di Kabupaten Kepulauan Meranti, persyaratan pengajuan pencairan DD 2019 tahap II (40%) dari RKUN ke RKUD sudah lengkap, saat ini menunggu surat dari Bupati setempat dan dokumen terkait pencairan DD 2019 tahap II 40% diajukan ke KPPN pada 17 Juni 2019.

Sementara itu, menurut Kasi Aset dan Keuangan Desa Fadhil Alman Falutie, SSTP, proses pengajuan dan dokumen persyaratan untuk pencairan Dana Desa Tahap II TA 2019 dari RKUN ke RKUD dijadwalkan pada Senin kemarin, yakni masuk minggu ke-3 Juni 2019.

Dia optimistis Dana Desa Tahap II di Kabupaten Kepulauan Meranti dapat disalurkan di minggu ke-4 Juni 2019 sesuai amanat PMK Nomor 193/2018.

Selain melakukan monev kegiatan tersebut, Arwani juga melakukan penguatan dan pengendalian terhadap Tenaga Pendamping Profesional, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten di kantor Sekretariat Tenaga Ahli P3MD setempat.

"Ini penting dilakukan terus menerus agar eksistensi dan profesionalisme Tenaga Ahli Profesional meningkat sesuai harapan bersama. Khusus keterlibatan Pendamping Desa dalam inputing Data SIPEDE, check list dan lain-lain itu bagus sekali sebagai salah satu cara untuk mengapresiasi keberadaan pendamping desa", pungkasnya. (*)

 Cara Nekat Polwan Cantik Menyamar di Sindikat Perdagangan Wanita, Tak Sangka Ketemu Sosok Terkenal

 Ashanty Terjebak Insiden Perayaan Toronto Raptors, Sempat Terjadi Penembakan di Sana

 Siapa Sebenarnya Trenggono? Yuni Shara Sudah Tak Bersama Sang Ayah Sejak Usia 5 Tahun

Editor: duanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved