Dua Siswa SMP Mitra Tanoto Foundation Jadi Finalis Literasi Sekolah Tingkat Nasional 2019

Dua siswa binaan Tanoto Foundation dari SMPN 3 Batanghari dan SMP IT Ash-Shiddiiqi Batanghari, berhasil lolos jadi finalis Festival Literasi Sekolah.

Dua Siswa SMP Mitra Tanoto Foundation Jadi Finalis Literasi Sekolah Tingkat Nasional 2019
IST
Nafisa Khairani Ariefa (lima dari kanan) bersama sejumlah duta literasi dan guru pendamping. 

Dua Siswa SMP Mitra Tanoto Foundation Jadi Finalis Literasi Sekolah Tingkat Nasional 2019

TRIBUNNAMBI.COM, JAMBI – Dua siswa binaan Tanoto Foundation dari SMPN 3 Batanghari dan SMP IT Ash-Shiddiiqi Batanghari, berhasil lolos menjadi finalis Festival Literasi Sekolah (FLS) tingkat nasional jenjang SMP tahun 2019.

Kegiatan festival literasi sekolah tingkat nasional tersebut diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan akan dilaksanakan di Jakarta, Kamis-Senin, tanggal 25 sampai 29 Juli 2019 mendatang.

Kepastian keberhasilan siswa binaan Tanoto Foundation menembus lomba literasi tingkat nasional tersebut melalui surat keputusan Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Pertama bernomor 2013/D3/KP/2019 tentang penetapan finalis festival literasi sekolah (FLS) SMP tingkat nasional tahun 2019.

Dua siswa tersebut adalah Rizki Pratama (kelas VIII) untuk ketegori cipta cerpen dan Nafisa Khairani Ariefa (kelas VIII) untuk kategori story telling.

Baca: Siswa Diusir Saat Ujian Gara-gara Nunggak Bayar SPP, Begini Tanggapan Dinas Pendidikan Jambi

Baca: VIDEO Detik-detik Ganjar Pranowo Marahi 3 Kepala Sekolah Gara-gara Tak Verifikasi SKTM

Baca: Nunggak Bayar SPP, Siswa Sekolah Swasta di Kota Jambi Diusir Saat Ujian

Baca: Dituding Menyeleweng, Puluhan Warga Desak DPRD Bungo Copot Kades Dusun Tanjung

Baca: Penerimaan CPNS 2019, BKD Tanjab Timur Masih Tunggu Putusan Bupati

Rahmini, kepala SMPN 3 Batanghari, mengakui tidak menyangka bisa meloloskan satu peserta dengan kategori story telling. “Bangga dan terharu, saya selalu mendorong guru untuk mengembangkan kreativitas salah satunya program story telling di sekolah,” jelasnya saat dihubungi, Senin, (17/06/19).

Lolosnya Nafisa Khairani Ariefa ke tingkat nasional, kata Rahmini, merupakan hasil dari usaha guru dalam mengembangkan literasi sekolah.

“Story telling menjadi menu utama pembelajaran di SMPN 3 Batanghari, siswa tidak hanya menghafal, namun juga menalar apa yang telah dibacanya,” ujarnya.

Rita Fitria, kepala SMP IT Ash-Shiddiiqi, juga mengaku bangga siswanya masuk finalis festival literasi sekolah tingkat nasional, “Guru yang mengikuti program PINTAR Tanoto Foundation membuat program menulis cerpen, dari program tersebut anak semakin percaya diri untuk membuat cerpen dengan didampingi guru,” tukas Rita.

Sebagai persiapan di tahap selanjutnya, baik Rahmini maupun Rita, keduanya kompak akan melakukan pembinaan secara mendalam di sekolah.

“Harapan kami semoga di tahap selanjutnya mendapatkan hasil yang terbaik dengan persiapan yang maksimal,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batanghari Jambi, Jamilah bersyukur putra-putri terbaik Batanghari lolos menjadi finalis festival literasi sekolah tingkat nasional.

Baca: Gugatan Pemilu di MK Belum Selesai, Kantor KPU Batanghari Terus Dijaga Polisi

Baca: 40 Finalis Bujang Gadis Kota Jambi Masuk Semi Final

Baca: Rapat Paripurna Batal, Dewan Sebut Gara-gara Bupati Muaro Jambi ke Jakarta

Baca: Ini Alasan Bupati Tanjab Timur Belum Berikan Keputusan Terkait Penerimaan CPNS 2019

Baca: Jalan di Air Liki Hancur, Puluhan Warga Tabir Barat Goyang Pagar Kantor Bupati Merangin

“Bangga ya, siswa yang lolos finalis festival literasi sekolah tingkat nasional tersebut sekolahnya menjadi mitra program PINTAR Tanoto Foundation, jadi saya ingin praktik baik yang dilakukan oleh Tanoto Foundation disebarluaskan melalui diseminasi,” pungkasnya.

Jamilah berharap lolosnya dua siswa terbaik Kabupaten Batanghari ini bisa menjadi pengalaman berharga bagi keduanya. “Ini sekaligus sebagai kado istimewa Kabupaten Batang Hari,” ujarnya bahagia.

Penulis: fitri
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved