Beralih ke Digital, Perpusatakan Jambi Akan Tambah Koleksi Buku di iPustaka Jambi

Setelah berhasil mengkonversi Perpustakaan Jambi ke dalam bentuk jaringan online, Pemprov Jambi bakal menambah koleksi buku barunya.

Beralih ke Digital, Perpusatakan Jambi Akan Tambah Koleksi Buku di iPustaka Jambi
Tribunjambi/Zulkifli
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jambi , Syamsurizal. 

Beralih ke Digital, Perpusatakan Jambi Akan Tambah Koleksi Buku di iPustaka Jambi

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Setelah berhasil mengkonversi Perpustakaan Jambi ke dalam bentuk jaringan online, Pemprov Jambi bakal menambah koleksi buku barunya. Hal ini dianggap penting untuk menjaga pengunjung agar tak ketinggalan informasi.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jambi, Syamsurizal mengatakan untuk anggaran buku online ini sudah direncanakan tahun depan.

"Buku baru nanti kita tambah, karena di online kan lebih aman," ujarnya kepada Tribunjambi.com.

Untuk saat ini kata dia setidaknya sudah ada 1.666 koleksi di iPustaka Jambi. "Walaupun belum di launching secara resmi tapi sudah bisa diunduh di play store," lanjutnya.

Kata Syamsurizal untuk peluncuran secara resmi akan dilakukan pada September 2019 berbarengan dengan hari kunjung perpustakaan nasional.

Baca: Bertahun-tahun Bolos Kerja, 6 ASN Tanjab Barat Diberhentikan

Baca: 8 Bulan Tak Dapat Bantuan dari Pemkot Jambi, Pengelola Bank Sampah Eka Jaya Ngadu ke Dewan

Baca: Dilaporkan Tidak Netral Saat Pilwako Jambi, Dua PNS Pemprov Jambi Terancam Kena Sanksi

Baca: Warga Curiga Wanita Ini Jadi Korban Pembunuhan, Pintu Digembok dari Luar, Wajah Ditutupi Bantal

Sementara untuk anggaran buku yang terdapat di perpustakaan tak akan dikesampingkan. Untuk anggaran kedua jenis buku tersebut, Syamsurizal belum bisa mengungkapkan. "Intinya anggarannya sama untuk digital dan di kantor perpustakaan," sambungnya.

Sementara terkait royalti buku online dia menyebut secara patuh akan dibayar oleh pihaknya. Nantinya akan dibayarkan pada penerbit buku yang menjadi koleksi di iPustaka Jambi. "Tentu akan kita bayar hak ciptanya ke penerbit semua nanti," jelasnya.

Syamsurizal menyebut pihaknya terus meningkatkan layanan perpustakaan untuk peningkatan kunjungan ke perpustakaaan. “Per tahun, 90 ribu lebih pengunjung, termasuk kegiatan rotasi buku, seperti 1.000 buku ke LP Provinsi Jambi,” tambah Syamsurizal.


Untuk tahun 2018, dia menyebut pihaknya banyak memberikan buku-buku ke perpustakaan-perpustakaan desa. "Selain itu untuk perpustakaan Provinsi Jambi, paling sedikit pengunjung per hari 360 orang, karena daya tampung gedung dan kondisi perpustakaan di Jambi," tandasnya.

Penulis: Zulkifli
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved