Pemilu 2019

Tidak Jalankan Putusan Sidang Adjudikasi, Caleg PAN Bungo, Laporkan Komisioner KPU Bungo ke DKPP

Tidak Jalankan Putusan Sidang Adjudikasi, Caleg PAN Bungo, Laporkan Komisioner KPU Bungo ke DKPP

Tidak Jalankan Putusan Sidang Adjudikasi, Caleg PAN Bungo, Laporkan Komisioner KPU Bungo ke DKPP
Tribunjambi/jaka HB
Hendri Novrizal, Caleg PAN Dapil III Bungo 

Tidak Jalankan Putusan Sidang Adjudikasi, Caleg PAN Bungo, Laporkan Komisioner KPU Bungo ke DKPP

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Hendri Novriza, Caleg PAN Bungo, resmi melaporkan komisioner KPU Bungo ke Dewan Kehormatan Penyenggara Pemilu (DKPP). 
pasca tidak dijalankannya amar putusan sidang adjudikasi oleh pihak KPU Bungo.

 "Saya melalui kuasa hukum saya sudah memasukan laporan ke DKPP. Yang saya Laporkan komisioner KPU Bungo," ujar Hendri Novriza, Minggu (9/6/2019).

Berdasarkan salinan yang Tribunjambi.com terima, bahwa laporan dimasukan pada 29 Mei 2019 lalu. Dimana sebagai terlapor Ketua KPU Bungo dan Komisioner KPU Bungo

"Tidak ada dalam undang-undang yang mengatur pelaksanaan putusan dilakukan secara terpisah. Bila ada empat poin yang jadi putusan kenapa hanya tiga yang dijalankan," tegas Hendri Novriza.

Baca: Sidang Adjudikasi Pelanggaran Administrasi Pemilu, KPU Bungo akan Patuhi Putusan Bawaslu Provinsi

Baca: Ditemukan 3 Granat Diduga Sisa Perang Dunia Kedua, di Bajubang, Batanghari Jambi

Baca: Kasus Selebgram Vape yang Ditangkap Polda Jambi, Diduga Edarkan Ganja Cair, Masih Ditangani Tim Ahli

Tidak hanya itu, pihaknya juga mendapatkan kabar bila alasan tidak melaksanakan amar putusan sidang adjudikasi Bawaslu Provinsi Jambi tersebut karena keputusan yang dibuat tidak lebih dulu dari keputusan nasional KPU RI tentang hasil pemilu legislatif. 

"Saya baca Undang-undang itu tidak ada alasan dan dasar seperti itu untuk tidak melaksanakan keputusan Bawaslu. Jika ada saya ingin lihat hitam putihnya," ungkap Hendri Novriza.

Hendri Novriza sendiri mengatakan bahwa langkahnya mengajukan gugatan ke DKPP karena memang itu jalur yang diatur dalam Undang-undang. Sehingga dirinya pun menempuh jalur tersebut agar hasil keputusan sidang Adjudikasi Bawaslu provinsi Jambi dilaksanakan secara utuh oleh KPU Bungo. 

Baca: MENGUNGKAP Misteri Detasemen Harimau yang Melegenda, Disebut Lebih Hebat dari Kopassus

Baca: Asisten Pribadi Beberkan Fakta Prabowo Bisa Bicara dengan Semut, Ini Rahasianya Secara Ilmiah

Baca: Terang-terangan, Faisal Nasimuddin Foto Luna Maya saat di Bali, Begini Reaksi Mantan Reino Barack

Untuk diketahui bahwa sebelumnya Hendri Novriza menggugat secara administrasi KPU Bungo ke Bawaslu Provinsi Jambi. Gugatan tersebut dikabulkan dan salah satu poin putusan tersebut memerintahkan agar pihak KPU Bungo memperbaiki administrasi yang dianggap keliru. Selain itu ada tiga amar putusan lainnya. 

Namun setelah melalui proses konsultasi ke KPU Provinsi dan KPU RI pihak KPU Bungo tidak melaksanakan salah satu point putusan. Yakni tidak merubah administrasi yang dianggap tidak sesuai.

Alasannya karena keputusan sidang adjudikasi lebih lambat dibacakan daripada hasil sidang pleno KPU RI tingkat nasional. Dimana, hasil pleno nasional dibacakan dan ditetapkan pada 21 Mei 2019 sekira pukul 01.30 WIB. Sedangkan sidang Adjudikasi keputusan dibacakan sekira pukul 15.30 WIB.

Tidak Jalankan Putusan Sidang Adjudikasi, Caleg PAN Bungo, Laporkan Komisioner KPU Bungo ke DKPP (Hendri Dunan Naris/Tribun Jambi)

Penulis: dunan
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved