Ini Penyakit yang Mengintai Pasca Lebaran, Dinkes Batanghari Imbau Warga Jaga Kesehatan

Dinkes Batanghari mengimbau masyarakat agar tetap menjaga kesehatan dan kebersihan. Pasalnya, penularan penyakit cukup tinggi setelah lebaran.

Ini Penyakit yang Mengintai Pasca Lebaran, Dinkes Batanghari Imbau Masyarakat Jaga Kesehatan

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Dinas Kesehatan Batanghari mengimbau masyarakat agar tetap menjaga kesehatan dan kebersihan. Pasalnya, penularan penyakit cukup tinggi setelah lebaran.

Kepala Dinas Kesehatan Batanghari, dr Elvi Yennie mengatakan, masyarakat penyakit pertama yang mengintai setelah lebaran satu diantaranya adalah flu dan batuk.

Menurutnya, meski terlihat sepele flu dan batuk bisa cukup merepotkan dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Hal ini disebabkan oleh banyaknya orang yang kita ajak bersalaman. Padahal, bisa jadi beberapa dari orang ini menderita masalah kesehatan tersebut.

Jika kita kemudian memegang muka, hidung, atau bahkan memasukkan makanan dengan tangan yang sudah terpapar virus atau kuman penyebab penyakit, bisa jadi kita akan tertular flu dan batuk dari orang lain.

Baca: Hari Pertama Pasca Libur Lebaran, 147 ASN Merangin Terancam Kena Sanksi

Baca: Pemkab Tanjab Timur Akan Lakukan Sidak Tiga Hari Pasca Libur Lebaran, Ini Sanksi bagi ASN yang Bolos

Baca: Jangan Ketinggalan, Besok Ada Lomba Pacu Perahu di Jembatan Beatrix Sarolangun

Baca: Sidak Hari Pertama Kerja, Wakil Bupati Tanjab Barat Temukan Puluhan Pegawai Bolos

Baca: Arus Balik di Terminal Muara Bungo Masih Ramai Hingga Beberapa Hari ke Depan

"Memang harus rajin mencuci tangan. Karena salah satu penularan penyakit yang cepat yakni melalui sentuhan. Kemudian pakai masker atau penutup hidung agar tidak tertular penyakit seperti batuk atau flu," katanya saat dikonfirmasi, Senin (10/6).

Ia melanjutkan, penyakit lainnya yakni seperti maag. Hal ini disebabkan oleh perubahan pola makan yang membuat orang makan dengan lebih sering dan lebih banyak saat lebaran.

"Maag juga bisa disebabkan oleh kebanyakan makanan pedas atau berlemak. Padahal, makanan-makanan ini cenderung banyak disediakan saat lebaran," katanya.

Lalu, penyakit diare juga menjadi penyakit yang sering dijumpai setelah lebaran. Ini juga disebabkan oleh perubahan pola makan atau mengonsumsi jajanan atau makanan yang kurang higienis.

"Penyakit setelah lebaran seperti itu biasanya disebabkan oleh semua makanan yang dimakan saat lebaran," ucapnya.

Menurutnya, masyarakat harus kembali menjaga pola makan dan menjaga kesehatan setelah lebaran.

Penulis: Rian Aidilfi Afriandi
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved