Berita Tanjab Timur

Fenomena Surutnya Air Laut di Kuala Jambi, Jadi Pantai Beting, dan Jadi Tempat Liburan Musiman

Fenomena Surutnya Air Laut di Kuala Jambi, Jadi Pantai Beting, dan Jadi Tempat Liburan Musiman

Fenomena Surutnya Air Laut di Kuala Jambi, Jadi Pantai Beting, dan Jadi Tempat Liburan Musiman
Tribunjambi/Abdullah Usman
Fenomena Surutnya Air Laut di Kuala Jambi, Jadi Pantai Beting, dan Jadi Tempat Liburan Musiman 

Fenomena Surutnya Air Laut di Kuala Jambi, Jadi Pantai Beting, dan Jadi Tempat Liburan Musiman 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Wisata musiman Pantai Beting yang berada di Kecamatan Kuala Jambi, Kampung Laut, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjab Timur), selain menyajikan wisata air dengan sensasi suasana pantai, para pengunjung juga dapat berselfie ria.

Dengan menempuh perjalanan lebih kurang 15-10 menit dari pesisir laut, para pengunjung disuguhkan dengan hamparan pasir yang timbul ke permukaan akibat surutnya permukaan air laut.

Berenang, bermain pasir sudah pasti menjadi sasaran utama bagi para pengunjung pantai disetiap wisata pantai yang ada. Sedikit perbedaan dengan pantai pantai lainnya pantai beting di Kuala Jambi ini memiliki perbedaan dan kelebihan.

Menikmati Liburan di Pantai Musiman di Kuala Jambi, Tanjung Jabung Timur, dengan Waktu Terbatas
Menikmati Liburan di Pantai Musiman di Kuala Jambi, Tanjung Jabung Timur, dengan Waktu Terbatas (Tribunjambi/Abdullah Usman)

Salah satu perbedaannya dengan pantai pantai yang ada lainnya. Pantai beting ini bagi para pengunjung yang beruntung bisa mendapatkan binatang laut penghuni pasir diantaranya kepah, sumbun (kerang laut) yang dapat dijumpai di hamparan pasir tersebut.

Selain menyajikan wisata pantai yang berbeda, panorama sekitar pantai juga tak kalah menyejukan mata. Terlihat di sisi yang berbeda namun saling berkaitan, dilain sisi para pengunjung dapat berjemur santai sembari menikmati hamparan laut lepas yang terbentang seakan berada di tengah samudera.

Sementara di sisi berbeda, mata pengunjung dimanjakan dengan rimbunan pepohonan bakau yang tumbuh rapi di pesisir laut. Ditambah aneka ragam warna cat rumah warga seakan menyejukan pandangan serta lalu lalang pompong nelayan seakan membawa ingatan pengunjung di lokasi berbeda.

Baca: Menikmati Liburan di Pantai Musiman di Kuala Jambi, Tanjung Jabung Timur, dengan Waktu Terbatas

Baca: MENGUNGKAP Misteri Detasemen Harimau yang Melegenda, Disebut Lebih Hebat dari Kopassus

Baca: Lion Air, Kinerja Ketepatan Waktu, Guna Tingkatkan Kualitas Layanan di Era Millennials Traveling

Dikatakan Idris (58) warga sekitar, hampir setiap hari Raya Idul Fitri pantai beting ini selalu ramai akan pengunjung. Anehnya lagi sejak dari dahulu setiap Idul Fitri beting ini selalu muncul meski setiap tahunya hari raya idul fitri tidak selalu dibulan yang sama.

“Selain itu, anehnya juga meski saat bulan puasa lalu tidak ada air surut siang hari terkadang malam atau subuh. Namun saat raya air surut siang hari seakan pantai menyediakan tempat untuk disinggahi,” tambahnya.

Pantai Beting, di Kuala Jambi
Pantai Beting, di Kuala Jambi (Tribunjambi/Abdullah Usman)

Namun selain keindahan dan panorama yang dapat dinikmati para pengunjung, sisi lain yang juga harus diketahui pengunjung dari keamanan dan kehati hatian. Mengingat pantai tersebut merupakan kawasan laut yang surut akibat mengeringnya air laut.

Tidak menutup kemungkinan binatang-binatang berbisa dan buas ada bersembunyi dibalik pasir maupun air yang dangkal. Untuk itu kehati hatian dan kewaspadaan tetap dijaga demi keselamatan dan kenyamanan saat berlibur.

Fenomena Surutnya Air Laut di Kuala Jambi, Jadi Pantai Beting, dan Jadi Tempat Liburan Musiman (Abdullah Usman/Tribun Jambi)

Penulis: Abdullah Usman
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved