Idul Fitri 1440 H

Hasil Rukyatul Hilal Kanwil Kemenag Jambi, Idul Fitri Jatuh Pada 5 Juni 2019

Tim rukyat Hisab kantor kementrian agama provinsi Jambi menyebut penetapan 1 Syawal 1440 H

Hasil Rukyatul Hilal Kanwil Kemenag Jambi, Idul Fitri Jatuh Pada 5 Juni 2019
TRIBUNJAMBI/DEDI NURDIN
Tim dari kantor Kementrian Agama wilayah Provinsi Jambi menggelar rukyatul hilal untuk menentukan hari raya Idul Fitri 1440 H 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Tim rukyat Hisab kantor kementrian agama provinsi Jambi menyebut penetapan 1 Syawal 1440 H berpotensi di istikmal atau disempurnakan menjadi 30 hari jika merujuk pada metode Rukyat Hilal.

Hal ini berdasarkan hasil pantauan oleh tim rukyat hisab yang berlangsung Senin (3/6/2019) sore di lantai 9 gedung Hotel 02 Weston.

Dijelaskan Rahmadi, wakil ketua tim Rukyat Hisab Kanwil Kemenag Provinsi Jambi, prediksi istikmal disebabkan jarak antara ijtima qabla ghurub dengan waktu magrib hanya 1 jam 5 menit.

Kemudian hasil pemantauan dengan menggunakan teropong vixion mounting Heq5 terpantau posisi hilal di bawah ufuk -0°3' 40.89".

Dengan kata lain belum mencapai 2° dari minimum yang dipersyaratkan, "Jadi memang waktu pelaksanaan rukyatul hilal sebelum magrib kurang lebih hanya 14 detik," kata Rahmadi.

Rahmadi mengatakan dengan posisi seperti ini pada saat matahari terbenam hilal lebih dahulu terbenam dikarenakan posisinya yang berada dibawah ufuk.

Baca: Suasana Pemantauan Rukyatul Hilal di O2 Weston Jambi oleh Kanwil Kemenag Provinsi Jambi

Baca: Jadwal Buka Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN & BCA di Jambi Usai Libur Lebaran, Ini Tanggal Beroperasinya

Baca: Jadwal Shalat Id Serta Khatib di Lapangan Kantor Wali Kota Jambi Idul Fitri 1 Syawal 1440 H

Baca: Jadwal, Lokasi Shalat Id, Idul Fitri 1440 H dan Open House Bupati, Wakil Bupati dan Sekda Muarojambi

"Oleh karna itu kita sepertinya lebih berpeluang adalah istigmal, menggenapkan bilangan ramadhan menjadi 30 hari," ujarnya.

Dengan kata lain peluang 1 syawal jatuh pada 5 Juni 2019, meski demikian kata Rahmadi, rukyatul hilal yang dilakukan di kanwil kementrian agama provinsi Jambi ini merupakan perpanjangan dari badan hisab rukyat kementrian agama pusat.

Sehingga hasil dari keiatan rukyatul hilal ini akan dilaporkan ke kementrian agama pusat untuk selanjitnya menjadi pertimbangan dalam sidang isbath kementrian agama yang berlangsung malam ini.

"Cuaca agak lebih bagus dibandingkan awal ramadhan kemarin. Cuma memang hilal tidak wujud, penentuannya kembali ke sidang isbat malam ini dan kesimpulan kita di Jambi peluangnya istikmal," pungkasnya. (Dedy Nurdin)

Penulis: Dedy Nurdin
Editor: bandot
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved