Ancaman Bom Hantui Penumpang Pesawat Maskapai Scoot, AU Singapura Kirimkan 2 Jet Tempur

Angkatan Udara Singapura menyatakan mengirim dua jet tempur untuk mengawal pesawat maskapai Scoot yang mendapat teror bom.

Ancaman Bom Hantui Penumpang Pesawat Maskapai Scoot, AU Singapura Kirimkan 2 Jet Tempur
Ilustrasi maskapai Scoot. (Shutterstock)
Maskapai Scoot 

TRIBUNJAMBI.COM - Angkatan Udara Singapura menyatakan mengirim dua jet tempur untuk mengawal pesawat maskapai Scoot setelah beredar ancaman bom di dalamnya. Pesawat dari maskapai Scoot dengan nomor penerbangan TR385 tengah terbang dari Cebu, Filipina, pada Minggu (2/6/2019) waktu setempat.

Seperti diberitakan Mothersi.  Terdapat 144 penumpang yang tengah berada dalam penerbangan itu ketika polisi mendapati laporan adanya ancaman bom. Angkatan Udara Singapura pun langsung menerjunkan dua jet tempur F-15.

Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen dalam keterangan di Facebook menyatakan pemerintah menangani ancaman itu dengan serius hingga melakukan pengawalan.

Baca: Borok Suaminya yang Merupakan Oknum TNI Dibuat Viral, Karena Selingkuh dengan Karyawati Dealer Motor

Baca: Tingkatkan Mutu Pelayanan, 5 Puskesmas di Tanjab Timur Akan Diakreditasi

Juru bicara maskapai Scoot kepada Straits Times via BBC menuturkan, pesawat mendarat dengan selamat di Bandara Changi pada pukul 16.49 waktu setempat. "Seluruh 144 penumpang dan enam kru telah dikeluarkan dengan selamat. Saat ini, mereka tengah menjalani pemeriksaan keamanan di bagian kedatangan," kata juru bicara itu.

Media lokal memberitakan, setelah dilakukan pemeriksaan nampaknya ancaman bom itu merupakan kabar hoaks dan diciptakan oleh penumpang berusia 13 tahun. Seorang penumpang bernama Schemuel Ryaile mengunggah foto di media sosial di mana jet tempur F-15 terbang di sisi pesawat hingga mendarat di Changi.

Baca: Karma si Istri Sah, Terungkap Dulunya Dicap Pelakor Karena Rebut Seorang Oknum TNI Hingga Jadi Suami

Baca: 5.000 Pemudik Gunakan Jalur Udara, Gubernur Jambi Pastikan Arus Mudik di Jambi Lancar

Dia mengaku para penumpang lain tidak mendapat pemberitahuan akan adanya ancaman bom hingga mendarat. Dia baru mengetahui setelah membaca koran keesokan harinya. Jet itu, kata Ryaile, terbang sekitar 40 menit selama pesawat berada di udara dan berputar di kawasan Desaru, Sungei Lebam, maupun kilang minyak.

"AU Singapura tetap menganggap ancaman apapun secara serius hingga terbukti sebaliknya. Garda udara Singapura bakal terus mempertahankan kewaspadaan," tegas Ng.

Baca: BLAK-Blakan Mantan Hakim MK Sebut Sulit Diskualifikasi Jokowi di MK, Keputusan MK Bersifat Final

Baca: Ahmad Dhani Berlebaran di Rutan Madaeng Bakal Ditemani Mulan Jameela, Gimana Dengan Al, El dan Dul?

Pernah Terjadi di Maskapai Lion Air

Manager Operasional Bandara Supadio Pontianak Bernard Munthe mengatakan, peristiwa penumpang yang keluar dari dalam pesawat melalui pintu darurat berawal ketika salah satu petugas Avsec menerima laporan adanya gurauan atau ancaman bom, Senin (29/5/2018) sekitar pukul 18.40 WIB.

"Memang ada gurauan atau ancaman bom dari salah satu penumpang pesawat Lion Air JT 687 tujuan Pontianak-Jakarta," ujar Bernard saat ditemui di Bandara Supadio, Senin malam.

Penumpang yang diketahui berinisial F tersebut diduga marah kepada pramugari yang menggeser tasnya di bagasi kabin pesawat. Baca juga: Pembuka Pintu Darurat Lion Air di Pontianak Terancam Delik Perusakan "Pada saat adanya ancaman bom, pramugari sebenarnya sudah memberitahukan kepada kapten di dalam pesawat," ujar Bernard.

Bernard menambahkan, pramugari juga sempat menyampaikan kepada penumpang lainnya untuk keluar dari pesawat secara tenang dan perlahan. Namun karena adanya kabar bom tersebut, kemudian beberapa penumpang Lion Air panik dan melompat melalui jendela darurat.

"Pintu darurat itu dibuka bukan atas instruksi pramugari, tetapi inisiatif dari penumpang," jelas Bernard. Saat ini, pelaku berinisial F dibawa ke Polresta Pontianak untuk pemeriksaan lebih lanjut. Polisi juga memeriksa dua orang pramugari Lion Air terkait peristiwa ini.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ada Ancaman Bom, Pesawat Maskapai Scoot Dikawal 2 Jet Tempur Singapura", https://internasional.kompas.com/read/2019/06/03/16331621/ada-ancaman-bom-pesawat-maskapai-scoot-dikawal-2-jet-tempur-singapura.

Editor:
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved