Pesan Penting Gubernur Jambi di Hari Lahir Pancasila, Fachrori Ajak Amalkan Nilai-nilai Pancasila

Para PNS di lingkup Pemprov Jambi antusias mengikuti upacara peringatan Hari Kelahiran Pancasila tahun 2019 di Halaman Kantor Gubernur Jambi.

Pesan Penting Gubernur Jambi di Hari Lahir Pancasila, Fachrori Ajak Amalkan Nilai-nilai Pancasila
Tribunjambi/Zulkifli
Gubernur Jambi Fachrori Umar memimpin upacara Hari Kelahiran Pancasila di Lapangan Gubernur Jambi, Sabtu (1/6). 

Pesan Penting Gubernur Jambi di Hari Lahir Pancasila, Fachrori Ajak Amalkan Nilai-nilai Pancasila

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Meski hari libur dan sedang berpuasa, para PNS di lingkup Pemprov Jambi antusias mengikuti upacara peringatan Hari Kelahiran Pancasila tahun 2019 di Halaman Kantor Gubernur Jambi, Sabtu (1/6).

Upacara dipimpin langsung oleh Gubernur Jambi, Fachrori Umar selaku inspektur upacara, dan diikuti oleh para pejabat pemerintahan di Provinsi Jambi, baik instansi pemerintah daerah maupun instansi vertikal, TNI dan Polri, perwakilan ASN, perwakilan mahasiswa dan pelajar berlangsung dengan khidmat. 

Selaku inspektur upacara, Gubernur Provinsi Jambi Fachrori Umar mengajak seluruh masyarakat Provinsi Jambi untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila, sebagai dasar dan ideologi negara Indonesia. 

Gubernur Jambi Fachrori Umar membacakan sambutan tertulis Pelaksana Tugas (Plt) Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia, Hariyono.

Dalam sambutan tersebut dijelaskan, keberagaman secara natural merupakan karakteristik ke-Indonesia-an, demikian pula secara antropologis dan sosiologis, keberagaman ras, etnis, agama, kepercayaan, dan budaya yang ada di Indonesia sudah ada sejak masa pra aksara hingga sekarang.

Baca: H-4 Jumlah Penumpang Melonjak, Harga Tiket Bus di Kota Jambi Ikut Naik

Baca: Ini Daftar Tarif Parkir dan Retribusi Lima Objek Wisata Paling Populer di Kerinci Jambi

Baca: Sebut Kota Jambi Aman Terkendali, Ini Pesan Wali Kota Jambi pada Petugas Pos Pelayanan Lebaran

Baca: Ini Arti Idul Fitri Bagi Jessica Rebeka, Gadis Jambi yang Ingin Bersihkan Hati

Baca: VIDEO: Wisata Pemandian Air Panas di Tanjab Barat yang Konon Bisa Sembuhkan Penyakit

Dijelaskan dalam sambutan tersebut bahwa Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para “pendiri bangsa” merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia. Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi ke-Indonesia-an, baik sebagai bangsa mapun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila.

Selanjutnya ditegaskan bahwa Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna, hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif. Proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus-menerus, Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Berkat Pancasila yang berkelindan dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, keberagaman yang ada menjadi suatu berkah. Berkat Pancasil asebagai bintang penuntun, keberagaman yang ada dapat dirajut menjasi identitas nasional dalam wadah dan slogan Bhinneka Tunggal Ika,” ungkapnya.

Penulis: Zulkifli
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved