Hari Ini Matahari Tepat di Atas Ka'bah, Kemenang Jambi Berikan 5 Cara Sempurnakan Arah Kiblat

Dua hari ini merupakan waktu yang tepat untuk mengakurasikan kembali arah kiblat bagi umat muslim di seluruh dunia, termasuk di Provinsi Jambi.

Hari Ini Matahari Tepat di Atas Ka'bah, Kemenang Jambi Berikan 5 Cara Sempurnakan Arah Kiblat
Tribunjambi/Zulkifli
Fenomena Rashdul Qibla, waktu yang tepat menentukan arah kiblat. 

Hari Ini Matahari Tepat di Atas Ka'bah, Kemenang Jambi Berikam 5 Cara Sempurnakan Arah Kiblat 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Dua hari ini merupakan waktu yang tepat untuk mengakurasikan kembali arah kiblat bagi umat muslim di seluruh dunia, termasuk di Provinsi Jambi.

Berdasarkan data asrtronomi, pada Senin (27/5) tepatnya pukul 16.18 WIB dan Selasa (28/5) Pukul 16.27 WIB akan terjadi peristiwa Rashdul Qiblah, yaitu dimana posisi matahari akan melintas tepat di atas ka'bah, atau dengan kata lain (nilai) deklinasi posisi matahari sama dengan titik koordinat lintang Mekah yakni sebesar 21 derajat 25 menit.

Bayangan seseorang yang berdiri tegak pada tanggal dan jam tersebut akan mengarah ke Ka'bah sebagai kiblat umat muslim dalam melaksanakan ibadah salat.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, Melalui Kasubag Informasi, Thoif menghimbau kepada pengurus masjid dan musala serta kaum mislimin, yang hendak mengakuratkan arah kiblatnya dapat melakukannya pada hari ini dan esok.

"Ini supaya lebih akurat dan betul arah kiblat kita saat beribadah," sebut Thoif, kepada Tribunjambi.com Senin (27/5/2019).

Baca: Sidang Dugaan Korupsi Rp 2,4 Miliar Bank Mandiri Tebo, Gerry Menangis Ungkap Pengorbanan Keluarganya

Baca: Cara Menentukan Arah Kiblat Saat Rashdul Qiblah, Matahari Tepat di Atas Kakbah Hari Ini & Besok

Baca: Sosok yang Nyanyikan Rajawali Dzikir, Lagu untuk Mengenang Arifin Ilham, Siapa Dia?

Baca: Soeharto Disebut Punya Kekayaan 7 Turunan Disimpan di Luar Negeri, Ajudan Beberkan Fakta Ini

Thoif menambahkan, umat Islam khususnya di Provinsi Jambi dapat melakukan langkah-langkah berikut untuk mengetahui arah kiblat yang tepat.

Pertama menentukan posisi masjid, musala yang akan diluruskan arah kiblatnya. Sediakan tongkat lurus panjang satu hingga dua meter dan peralatan untuk memasangnya. Siapkan juga jam atau arloji yang sudah diakuratkan waktunya secara tepat dengan BMKG.

Kedua, cari lokasi di samping atau di halaman masjid yang masih mendapatkan penyinaran matahari pada jam-jam tersebut serta memiliki permukaan tanah yang datar. Pasang tongkat secara tegak dengan bantuan pelurus berupa tali dan bandul. Persiapan jangan terlalu mendekati waktu Rashdul Qiblah agar tidak terburu-buru.

Ketiga, saat Rashdul Qiblah berlangsung amatilah bayangan matahari yang terjadi (toleransi sekitar dua menit). Di Indonesia peristiwa Rashdul Qiblah terjadi pada sore hari sehingga arah bayangan menuju ke timur. Sedangkan bayangan yang menuju arah barat agak serong ke utara itulah arah kiblat yang tepat.

Keempat, buat garis yang menghubungkan sisi pangkal dan ujung bayangan, untuk menghindari pergerakan bayangan saat matahari bergerak.

Yang terakhir, gunakan tali dan mistar siku untuk mensejajarkan garis bayangan ini kedalam mesjid, musala dan rumah.

"Mudah-mudahan kita dapat meluruskan arah kiblat masjid, langgar, musala Kita masing-masing untuk kesempurnaan salat," pungkas Thoif.

Baca: Video Cara Memasak Opor Ayam Kuning, Lengkap dengan Bumbu, Bahan dan Petunjuk Membuat

Baca: Fraksi PDIP DPRD Kota Jambi Mengucapkan Selamat Hari Jadi Kota Jambi dan HUT Pemkot Jambi

Baca: Pocong Jadi-jadian Diciduk Polisi, Lakukan Aksinya Menjelang Sahur, Ternyata Begini Pengakuan Pelaku

Baca: Viral Anton Budi Ojek Online Ngantar Pesanan Meski Motor Hilang, Pelangan Tergerak Hatinya

Penulis: Zulkifli
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved