Baznas Kota Jambi Serahkan Rp 1,5 Miliar Dana Zakat pada Empat Golongan Mustahik

Baznas Kota jambi, Kamis (23/5) menyerahkan dana zakat, infaq, dan shadaqah kepada para mustahiq, di Aula Kementrian Agama Kota Jambi.

Baznas Kota Jambi Serahkan Rp 1,5 Miliar Dana Zakat pada Empat Golongan Mustahik
Tribunjambi/Rohmayana
Kepala Baznas Kota Jambi Syamsir Naim menyerahkan zakat pada mustahik. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota jambi, Kamis (23/5) menyerahkan dana zakat, infaq, dan shadaqah kepada para mustahiq, di Aula Kementrian Agama Kota Jambi. Dan diserahkan langsung Wali Kota Jambi, Syarif Fasha.

Disampaikan Wali Kota Jambi Syarif Fasha bahwa penyaluran zakat tersebut dapat membantu pemerintah dalam mewujudkan pembangunan ekonomi masyarakat Kota Jambi. Fasha juga mengatakan bahwa pemberian dana zakat, infaq dan shadaqah selama 2019 sudah diberikan kepada 5.000 mustahiq di Jambi

"Ini merupakan dana zakat, infaq dan shadaqah yang dihimpun dari masyarakat Kota Jambi dan ASN di lingkungan Pemkot Jambi," katanya.

Kata Fasha, Baznas Kota Jambi juga sudah memberikan bantuan untuk program bedah rumah, bantuan bencana alam, bantuan kepada musafir dan anak yatim, serta bantuan SPP juga untuk siswa-siswa yang tidak mampu di sekolah swasta baik SD, SMP dan SMA.

"Ada juga bantuan kesehatan bagi masyarakat yang dirujuk, yang tidak mampu Baznas juga sudah memberi bantuan tiket dan sebagainya," katanya.

Baca: VIDEO: Ini Lubang Makam Ustaz Arifin Ilham yang Disiapkan di Pesantren Az Zikra Gunung Sindur

Baca: Kelabuhi Petugas, Begal Sarolangun dan Rupit Cat Truk Hasil Begal, Kini Jadi Buron

Baca: Benarkah Kasus di Nipah Panjang Terkait Virus Cacar Monyet? Dinas Kesehatan Akan Lakukan Pemeriksaan

Baca: Cegah Aksi Kriminal, Puluhan Bus di Merangin Dihentikan Paksa, Polisi Geledah Semua Barang Penumpang

Baca: Proses Tender di Muarojambi Meleset dari Target, Sekda Akan Tegur Kepala OPD

Sementara itu, Kepala Baznas Kota Jambi Syamsir Naim ada 4 jenis mustahik yang sudah mendapat bantuan. Diantaranya mustahik di lingkungan OPD, sebanyak 1.591 orang dengan jumlah dana Rp 477 juta . Mustahik di Kelurahan dan Kecamatan se-Kota Jambi sebanyak 1.266 orang dengan jumlah dana Rp 379 juta, mustahik sekolah sebanyak 405 orang dengan jumlah dana Rp121 juta, mustahik petugas harian lepas se-Kota Jambi sebanyak 1.000 orang dengan jumlah dana Rp 300 Juta, dan mustahik UPTD pendidikan sebanyak 738 orang dengan jumlah dana Rp 221 juta.

Termasuk mustahik di lingkungan kantor Kemenag Kota Jambi sebanyak 700 orang. Dengan masing-masing mendapat bantuan sebesar Rp 300 ribu.

"Total sekitar 1,5 miliar yang sudah kita salurkan kepada mustahik yang membutuhkan," katanya.

Dirinya berharap seluruh OPD se-Kota Jambi dapat menyetorkan zakatnya ke Badan Amil Zakat Nasional Kota Jambi. Sehingga terkumpul dana zakat yang besar dan mampu untuk membantu program pemerintah dalam rangka mengurangi angka kemiskinan.

"Alhamdulillah saat ini sudah 85 persen ASN yang sudah menyetorkan zakatnya. Tinggal kita dorong pihak swasta untuk membayar zakatnya di Baznas Kota Jambi," pungkasnya.

Penulis: Rohmayana
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved