Pemilu 2019

Sidang Adjudikasi Pelanggaran Administrasi Pemilu, KPU Bungo akan Patuhi Putusan Bawaslu Provinsi

Sidang Adjudikasi Pelanggaran Administrasi Pemilu, KPU Bungo akan Patuhi Putusan Bawaslu Provinsi Jambi

Sidang Adjudikasi Pelanggaran Administrasi Pemilu, KPU Bungo akan Patuhi Putusan Bawaslu Provinsi
Tribunjambi/Hendri Dunan Naris
Sidang Adjudikasi Pelanggaran Administrasi Pemilu, Hendri Novriza Sejak Awal Sudah Yakin Menang 

Sidang Adjudikasi Pelanggaran Administrasi Pemilu, KPU Bungo akan Patuhi Putusan Bawaslu Provinsi Jambi

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Bisri, Ketua KPU Bungo akan mematuhi keputusan Bawaslu Provinsi dan akan memperbaiki formulir DA1 sesuai formulir DAA1.

Sidang adjudikasi Bawaslu Provinsi Jambi memutuskan terlapor II KPU Bungo dan terlapor III, PPK Limbur Lubuk Mengkuang sebagai pihak yang bersalah secara administrasi. Majelis memerintahkan kepada kedua terlapor untuk memperbaiki formulir yang dipersoalkan.

Baca: Sidang Adjudikasi, Bawaslu Provinsi Jambi Kabulkan Gugatan Administrasi Caleg PAN Bungo

Baca: Pelaku Pencabulan Bocah 10 Tahun di Bone Ditembak Polisi Setelah Coba Lari dan Panjat Dinding

Baca: Jual Rumah Fiktif Seharga Rp160 juta, Terdakwa Yakinkan Korban dengan Kwitansi dan Slip Bank

Bisri, Ketua KPU Bungo, ketika ditemui di tempat terpisah usai sidang mengatakan bahwa pihaknya akan mengindahkan keputusan tersebut. Namun mereka butuh waktu dan akan berkonsultasi terlebih dulu.

"Kami komisioner tentu akan mengindahkan putusan tersebut. Hanya saja kami akan berkonsultasi terlebih dulu ke KPU Provinsi dan KPU RI melalui KPU Provinsi,"ungkap Bisri, Selasa (21/5/2019).

Meski tidak menghadiri sidang putusan. Namun Bisri mengatakan telah mendapatkan informasi tentang amar putusan. Termasuk bila mereka akan dijatuhi teguran oleh KPU Provinsi termasuk PPK Limbur Lubuk Mengkuang.

Baca: Tak Mau Bubar, Aparat Kepolisian Amankan Sejumlah Provokator Dalam Massa Aksi di Depan Bawaslu RI

Baca: Mantan Kades di Aceh Utara, Tertangkap Bawa 1,2 Kg Sabu, Diduga Jaringan Internasional

Baca: Tim Kopassus Pemburu Jejak Anak Miliarder AS Ungkap Misteri Suku Kanibal di Lembah X Hutan Papua

"Kan masih ada waktu tiga hari bagi kami untuk mengindahkan putusan tersebut,"ujarnya.

Untuk diketahui keputusan yang dijatuhkan Bawaslu Provinsi Jambi kepada KPU Bungo dan PPK Limbur Lubuk Mengkuang dikarenakan adanya gugatan administrasi yang dilakukan oleh Hendri Novriza Caleg PAN Bungo. Hendri Novriza melaporkan Bawaslu Bungo, KPU Bungo dan PPK Limbur Lubuk Mengkuang melakukan pelanggaran administratif.

Dan hari ini, majelis sidang adjudikasi Bawaslu provinsi Jambi memutuskan bahwa pihak pertama tidak terbukti bersalah sebagaimana tuntutan pelapor. Akan tetapi pihak terlapor II KPU Bungo dan terlapor III PPK Limbur Lubuk Mengkuang dinyatakan bersalah.

"Menyatakan Terlapor II (KPU Kabupaten Bungo) dan Terlapor Ill (PPK Limbur Lubuk Mengkuang) terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan pelanggaran terhadap Tata Cara. Prosedur, atau Mekanisme pada tahapan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu Tahun 2019,"ungkap Asnawi, Ketua Majelis Sidang Adjudikasi Bawaslu.

Tidak hanya itu, majelis sidang adjudikasi Bawaslu juga memerintahkan kepada KPU Provinsi Jambi untuk memberikan teguran tertulis kepada terlapor II yakni KPU Bungo dan terlapor III PPK Limbur Lubuk Mengkuang.

"Memerintahkan kepada KPU Provinsi Jambi untuk memberikan Teguran Tertulis kepada Terlapor Il (KPU Kabupaten Bungo) dan Terlapor III (PPK Limbur Lubuk Mengkuang),"perintah Majelis.

Sidang Adjudikasi Pelanggaran Administrasi Pemilu, KPU Bungo akan Patuhi Putusan Bawaslu Provinsi Jambi (Hendri Dunan Naris)

Penulis: dunan
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved