Pemkab Kerinci Tetapkan Besaran Zakat Fitrah 2019, Harga Beras Tertinggi Rp 34 Ribu

Pemkab Kerinci, sudah menetapkan besaran Zakat Fitrah 1440 H tahun 2019. Penetapan ini disesuaikan dengan harga beras di pasaran.

Pemkab Kerinci Tetapkan Besaran Zakat Fitrah 2019, Harga Beras Tertinggi Rp 34 Ribu
Zakat Fitrah 

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Pemkab Kerinci, sudah menetapkan besaran Zakat Fitrah 1440 H tahun 2019. Hasil kesepakatan, ditetapkan untuk standar Zakat Fitrah tertinggi sebesar Rp 34.000 dan zakat terendah Rp 28.000.

Berdasarkan penetapan bersama Pemkab Kerinci, Kemenag dan MUI Kerinci, standar zakat dilakukan dengan memperhatikan harga beras di pasaran. Yakni mulai dari harga beras tertinggi hingga terendah di pasaran.

Selain itu juga mengacu pada daftar isian harga rata-rata beberapa harga bahan pokok pangan dari Dinas Koperindag.

"Sesuai standar harga dalam Kabupaten Kerinci bulan Mei 2019," kata Kepala Kemenag Kerinci, Hardiman, Selasa (21/5).

Dijelaskannya, bahwa besaran Zakat Fitrah yang wajib dibayarkan umat muslim di Kerinci sebesar 2,5 kilogram beras atau 3,5 liter beras untuk satu jiwa. Dan dapat diuangkan sesuai harga jenis beras yang biasa dikonsumsi oleh masing-masing wajib zakat fitrah.

Jumlah Zakat Fitrah tahun ini ada empat tingkatan, mulai dari beras mutu tertinggi yakni beras payo Rp 34.000, beras kasut Rp 31.000. Beres jenis mutu sedang, yakni beras adil Rp 30.000 dan beras mutu rendah, yakni beras bolong dan beras kuning Rp 28.000.

Baca: Jelang Aksi 22 Mei, Kepolisian Jambi Razia Pengendara di Perbatasan Kota Jambi

Baca: VIDEO Jelang Pengumuman KPU Prabowo Subianto Datangi Polda Metro Jaya Jenguk Lieus dan Eggi Sudjana

Baca: Dua Jam Orasi, Tak Satupun Anggota DPRD Temui Pendemo, Puluhan Mahasiswa Jambi Pilih Baca Yasin

Baca: Kepala Inspektorat Merangin Kaget Mengetahui Mobil Dinasnya Tak Bayar Pajak

Baca: Jelang Idul Fitri, Bupati Tanjab Barat Kirim Ribuan Paket Sembako Murah ke Desa-desa

Besaran tersebut telah disepakati dan ditandatangani oleh Bupati, Kepala MUI Kerinci dan Kepala Kemenag Kerinci. Melalui surat himbauan bersama ketetapan jumlah pembayaran Zakat Fitrah 1440 H.

“Zakat Fitrah bisa dibayarkan dalam bentuk beras dengan kualitas minimal sama yang dimakan sehari-hari. Atau uang dengan besaran yang ditetapkan sesuai harga beras berlaku di pasaran,” ujarnya.

Dia berharap masyarakat yang ingin membayar zakat dapat disalurkan melalui Amil Zakat Fitrah yang ada di tempat masing-masing. Dengan harapan nantinya, semua yang berhak menerima tidak ada yang tidak menerima Zakat Fitrah.

“Harapan kita, satu hari sebelum Idul Fitri sudah selesai dibagikan kepada Mustahiq agar lebih besar manfaatnya,” pungkasnya.

Penulis: heru
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved