13 Ribu Kendaraan di Jambi Ikut Pemutihan Pajak Tahap II, Masih Ada Waktu yang Belum Bayar Pajak

Animo masyarakat ikuti program Pemutihan Bea balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) dan pemutihan Pajak Bermotor di Jambi cukup tinggi.

13 Ribu Kendaraan di Jambi Ikut Pemutihan Pajak Tahap II, Masih Ada Waktu yang Belum Bayar Pajak
Tribunjambi/Zulkifli
Kepala UPTB Samsat Kota Jambi Ariansyah. 

TRIBUNJANBI.COM, JAMBI - Animo masyarakat mengikuti program Pemutihan Bea balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) dan pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Pemprov Jambi terbilang cukup Tinggi.

Khusus di Samasat Kota Jambi, program pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Tahap II Pemerintah Provinsi Jambi yang sudah dimulai sejak 1 April lalu, dalam satu bulan terakhir telah mencapai 13.971 kendaraan dengan total uang lebih dari Rp 10 miliar.

Kepala UPTB Samsat Kota Jambi Ariansyah, mengatakan, jumlah tersebut terhitung dari 1 April hingga pertengahan Mei 2019 kemarin. "Itu jumlah secara keseluruhan di Wilayah Kota khususnya," tuturnya saat dijumpai Tribunjambi.com di ruang kerjanya, belum lama ini.

Ariansyah menyebutkan, dari angka 13.971 kendaraan itu, berdasarkan rekapitulasi penerimaan pemutihan pajak pada UPTD Kota, roda dua sebanyak 10.855 kendaraan yang terdiri dari milik pribadi 10.776 kendaraan, dan kendaraan dinas roda dua sebanyak 79 kendaraan.

"Sedangkan untuk roda 4 sebanyak 3.116 kendaraan. Terdiri dari kendaraan pribadi 2.820 kendaraan, umum 183 kendaraan, dan di dinas 113 kendaraan," sampainya.

Baca: Tips Sederhana Kurangi Kantuk Saat Puasa, Agar Kerja Tak Terganggu

Baca: VIDEO: Viral Emak-emak Nekat Dorong Motor Lewat Bawah Truk Kontainer

Baca: Ini Jenis Makanan yang Baiknya Dikonsumsi dan Dihindari Saat Puasa

Baca: Kebakaran Menjadi Momok Menakutkan Masyarakat Pesisir, Pemda Tanjab Tiimur Diminta Memiliki Solusi

Baca: VIDEO: Jadwal Hari ke-14 Ramadan 2019 / 1440 H Imsak dan Buka Puasa Jambi, Minggu 19 Mei 2019

Kemudian untuk Pemutihan BBNKB, Ariansyah mengatakan jumlah kendaraan mutasi masuk dari plat luar menjadi plat BH, sebanyak 243 kendaraan, dari R2 162 kendaraan, dan R4 220 kendaraan. Selanjutnya, Bea Balik Nama Pemilik Kendaraan sebanyak 458 kendaraan, R2 162 kendaraan serta R4 sebanyak 296 kendaraan.

"Untuk yang daftar ulang sebanyak 13.670 wajib pajak, dari R2 10.670 kendaraan dan R4 sebanyak 2.600 kendaraan," jelasnya.

Diketahui, program pemutihan PKB tahap II Pemprov Jambi akan berlangsung selama enam bulan. Yakni sejak 1 April sampai 31 September mendatang. Pasalnya pemutihan tahap II meliputi lanjutan pemutihan tahap I.
Dimana, ada wajib pajak yang proses pemutihannya belum selesai di tahap I.

Sebelumnya, Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Provinsi Jambi Agus Pirngadi mengatakan dalam pemutihan PKB tahap II ini pada program pemutihan yang berakhir 31 Maret lalu, hanya meliputi pemutihan di BBNKB II saja. Namun kali ini, item pemutihan ditambah.

Dirinya menyebut dalam pemutihan tahap II ini adalah pembebasan pokok BBNKB II untuk permohonan balik nama dalam dan luar daerah dan pembebasan pokok BBNKB lelang kendaraan. Kemudian pembebasan sanksi administratif PKB yang telah lewat tanggal tempo.

"Ini pemutihan denda PKB saja. Pajak pokoknya tetap harus dibayar. Tidak ada batasan berapa tahun minimal atau maksimal tunggakan. Kalau misalnya 10 tahun menunggak, 10 tahun denda diputihkan. Pajak pokok tetap bayar 10 tahun," sampainya.

Agus menyatakan optimis bisa meningkatkan PAD dari program ini. Namun diakuinya, belum bisa menentapkan target pendapatan dari program ini. Karena pihaknya belum menghitung potensi yang bisa didapatkan.

Baca: VIDEO VIRAL, Pengendara Motor Kena Tendang Penjaga Rel Kereta Api, Ternyata Ini Tujuannya

Baca: Ini Pasar Beduk Paling Terkenal di Jambi Saat Ramadan, 18 Tahun Sajikan Penganan Khas Jambi

Baca: Ingin Keluar dari Zona Nyaman, Supik Lancip Tidak Malu Gunakan Bahasa Jambi

Baca: Tidak Mau Hanya Jadi Penonton, Supik Lancip Ingin Ikut Andil Promosikan Jambi

Baca: VIDEO: Resmi Hadir di Kota Jambi, Transmart Usung Konsep Ritel Modern 4 in 1

Penulis: Zulkifli
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved