Berita Hoax

Polda Metro Jaya, Amankan IRT Asal Merangin yang Diduga Sebarkan Berita Hoax Roti Beracun

Polda Metro Jaya, Amankan IRT Asal Merangin yang Diduga Sebarkan Berita Hoax Roti Beracun

Polda Metro Jaya, Amankan IRT Asal Merangin yang Diduga Sebarkan Berita Hoax Roti Beracun
IST
Suasana IRT di Merangin saat diamankan tim dari Polda Metro Jaya, karena diduga sebarkan berita hoax. Polda Metro Jaya, Amankan IRT Asal Merangin yang Diduga Sebarkan Berita Hoax Roti Beracun 

Polda Metro Jaya, Amankan IRT Asal Merangin yang Diduga Sebarkan Berita Hoax Roti Beracun

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO - Seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) di Kabupaten Merangin, diamankan polisi dari Polda Metro Jaya, Jumat (17/5/2019).

Informasi yang dihimpun, penangkapan IRT bernama Surya Elinda (SE) yang tinggal di Sungai Ulak, Kecamatan Nalo Tantan, Kabupaten Merangin itu, karena dia terlibat kasus penyebaran berita bohong atau hoax yang disebar melalui pesan berantai WhatsApp.

Baca: Nekat Buat Video Hoax Soal Rekapitulasi Suara Tertutup, Pria Ini Diciduk Polisi, Simak Pengakuannya

Baca: Dibalik Kisruh Tes DNA Anak Bopak Castello yang Disebut Mirip Bule, Ada Cerita Rindu Anak ke Ayahnya

Baca: Banyak Pilihan, Transmart, Jadi Tempat Wisata Belanja Baru di Kota Jambi

Dari surat perintah penangkapan yang dikeluarkan oleh Polda Metro Jaya, Jakarta dengan nomor Nomor SP.kap/114/V/Res.2.1./2019/Dit.Reskrim. serta laporan polisi dengan nomor LP/B/0461/V/2019/BARESKRIM, tangal 13 Mei 2019.

Pelaku ditangkap terkait penyebaran berita bohong tindak pidana pencemaran nama baik melalui media elektronik dan atau penyebaran berita bohong (Hoax) yang mencemar nama baik pelapor serta intansi polri khususnya, Baintelkam polri melalui media sosial (whatsApp).

Baca: Link Live Streaming Head to head Persela Lamongan vs Madura United, Kick Off Pukul 20.30 di Indosiar

Baca: WAJAH Putri Ingrid Kansil Mendadak Jadi Sorotan Warganet, Artis Cantik Menikah Beda Usia 27 Tahun

Baca: Istri Bopak Castello Kecewa Karena Digugat Cerai, Sang Artis Minta Tes DNA Karena Anak Mirip Bule

Sebagai mana dimaksud dalam pasal 27 ayat (3) atau pasal 21 ayat (2) Jo pasal 45 ayat (2) undang-undang nomor 19 tahun 2016 dan tentang perubahan atas undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik dan atau pasal 14 pasal 15 jo pasal 310 KUHP dan atau 311 KUHP undang-undang nomor 1 tahun 1946 tentang KUHP yang terjadi pada hari Minggu tanggal 12 Mei 2019 pukul 16:00 wib di gedung Baintelkam mabes Polri.

Masih dari informasi yang dihimpun, Surya Elinda diduga sengaja menyebarkan informasi hoax tentang roti beracun didalam koper yang menyebabkan massa aksi damai di depan Bawaslu RI beberapa waktu lalu.

Pada saat itu, belasan masa aksi damai yang mengalami keracunan usai memakan takjil yang diberi seseorang yang tak dikenal sehingga banyak orang jatuh sakit dan dilarikan ke rumah sakit RSCM.

Informasi yang dihimpun Surya Elinda ini tak disaring lagi dan tidak diteliti apakah hoax apa tidak. Dan, informasi itu langsung disebar luaskan olehnya.

Kasat Reskrim Merangin, IPTU Khairunnas saat dikonfirmasi terkait diamankannya warga Merangin tersebut, mengiyakan hal itu.

Baca: Soal People Power 22 Mei 2019, Fahri Hamzah: Ada Sinyal Aparat akan Represif, Kemungkinan Menembak

Baca: Wiranto Peringatkan Para Tokoh: Kalau Enggak Mau Berurusan dengan Polisi Jangan Ngomong Macam-macam

Baca: Hingga Akhir Ramadan, Rp 12 Miliar Beredar di Pasar Beduk Sungai Penuh

Namun, dirinya tak menyebutkan secara detail perihal apa yang yang membuat tim dari Polda Metro Jaya turun mengamankan SE.

"Iya bener satu orang perempuan," kata Khairunnas.

Terpisah, Kepala Desa Sungai Ulak, Merangin, Jambi, Azharuddin, yang sempat berada di tempat kejadian perkara (TKP) mengaku kaget jika ada warganya terpaksa berurusan dengan pihak kepolisian.

“Kalau memang benar apa yang dikerjakan oleh warga saya ini biarlah dia yang bertanggung jawab atas perbutannya," bilang Azharudin.

Polda Metro Jaya, Amankan IRT Asal Merangin yang Diduga Sebarkan Berita Hoax Roti Beracun (Muzakkir/Tribun Jambi)

Penulis: muzakkir
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved